BukuWarung Perkenalkan Fitur Terbaru UMKM Wajib Tahu Aplikasi Ini!

0
B MauTips.com, Jakarta. BukuWarung, startup yang menyediakan aplikasi pencatatan keuangan dan pengelolaan transaksi kredit untuk usaha mikro, saat ini menjalin kerja sama dengan Ayoconnect, perusahaan pengembang solusi API financial, untuk membantu UMKM. Melalui kerja sama tersebut, BukuWarung memperkenalkan beberapa fitur aplikasi yang bisa memudahkan para pengguna serta UMKM dalam mencatatkan transaksi hingga produk usahanya hanya menggunakan handphone.

Jadi, BukuWarung itu masuk untuk membantu problem yang ada di UMKM pada level mikro, yaitu pembukuan. Banyak sekali usaha-usaha kecil atau rumahan yang baru memulai usaha dan masih bingung bagaimana cara menjalankan pembukuan dengan baik dan benar. Mereka juga belum tahu bagaimana cara melacak pengeluaran, merencanakan keuangan usaha, perhitungan laba dan rugi, kesalahan pada harga modal, serta memantau stok penjualan. Adapun, BukuWarung juga mengembangkan beberapa fitur lain yang diawali dari permintaan atau request pengguna. Seperti pengelola stok fisik dan digital, aplikasi kasir, dan terakhir mengakomodasi penjualan kebutuhan digital seperti pulsa, listrik, sampai tagihan. Untuk fitur terbarunya, BukuWarung memanfaatkan penjualan digital seperti penjualan pulsa, token listrik, top-up e-wallet dan pembayaran tagihan secara digital untuk 6,5 juta UMKM dalam ekosistemnya. Tentunya, fitur ini membantu pelaku usaha UMKM maupun pembeli di tengah pandemi.

Fitur-fitur di atas mendapat banyak sekali antusias dari pengguna. Dan lagi, yang membuat BukuWarung berbeda dari produk lainnya adalah karena kami mementingkan UMKM sehingga semua transaksi akan tercatat secara otomatis dan rapi.

Di dalam aplikasi BukuWarung terdapat fitur catat utang dan piutang. Pengguna dapat mencatat transaksi pelanggan yang membeli dengan cara utang. Selain itu, jika pemilik usaha memiliki utang terhadap penyuplai ataupun pihak lain, tersedia notifikasi tagihan melalui SMS atau WhatsApp yang akan dikirim sebagai tagihan.
Fitur lainnya adalah pencatatan pemasukan dan pengeluaran agar arus kas tetap tercatat dan laporan pembukuan usaha yang dapat diakses per hari, minggu, atau bulanan. Tidak hanya itu, terdapat juga fitur produk di dalamnya yang membuat pengguna bisa mencatat stok yang ada sekarang, menyesuaikan jumlah stok numpuk dan terjual, hingga pasang harga untuk stok barang.

Harapannya, kolaborasi dengan Ayoconnect ini memberikan pengguna BukuWarung mendapatkan potensi peningkatan pendapatan tambahan di tengah situasi sulit pandemi Covid-19 dengan menyediakan layanan ini. kolaborasi Ayoconnect dengan BukuWarung ini strategis, mengingat transaksi digital di seluruh lapisan masyarakat akan terus ada dan pasti dibutuhkan. Permintaan pembayaran tagihan, pulsa, sampai top-up untuk mengakses layanan digital itu tidak akan mati. Penetrasi digital di Indonesia pun sebenarnya sudah bagus.

Baca Juga: Tips Menikmati Es Krim McD Viral di TikTok, Sampai ke Thailand dan Korea

Tapi sayangnya, cara mengakses atau literasi keuangan digitalnya yang masih kurang, terutama buat UMKM. Kolaborasi ini harapannya membuat mereka naik kelas. Sekadar informasi, Ayoconnect merupakan pengembang API finansial yang telah dipercaya oleh banyak perbankan dan lembaga keuangan sekaliber Bank Mandiri, Bank BRI, BNI, KlikACC, sampai FIFGROUP, jajaran ritel dan e-commerce, penyedia jasa telekomunikasi dan para fintech sekaliber GoPay, DANA, OVO, sampai LinkAja. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply