Dampak Politik Terhadap Kepemilikan Asuransi Bisnis

0
D MauTips.com, Jakarta. Saat memiliki asuransi, Anda dapat lebih tenang dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Namun, untuk mengembangkan bisnis, Anda juga harus mulai membuat laporan keuangan.

Dengan laporan keuangan yang baik, Anda akan mendapatkan informasi yang berguna sebagai acuan dalam membuat keputusan bisnis. Asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko secara finansial yang dilakukan dengan cara mengalihkan risiko dari satu pihak ke pihak lain. Asuransi bisnis merupakan salah satu produk asuransi yang dikhususkan untuk melindungi bisnis. Asuransi ini memiliki berbagai manfaat seperti pengalihan risiko, pengumpulan dana dan premi yang seimbang. Bukan hanya itu, asuransi juga dapat merangsang pertumbuhan bisnis, mencegah kerugian, pengendalian kerugian, memiliki manfaat sosial dan sebagai tabungan. Asuransi dalam bisnis juga dapat menjadi investasi dana dan invisible earnings. Dengan memiliki bisnis kita bisa memanfaatkan jasa broker asuransi dengan bijak.

Broker Asuransi adalah sebuah lembaga profesi yang memberikan bantuan dan menjembatani antara pihak tertanggung atau klien asuransi dengan penanggung atau perusahaan asuransi. Sebagai broker asuransi tentunya harus mampu meyakinkan banyak pihak yang terlibat di dalamnya, dengan kata lain dapat menyelesaikan masalah yang mungkin muncul selama mata rantai asuransi berjalan mulai dari proses mendapatkan nasabah hingga menangani dan terlibat dengan beragam hal bila saja terjadi klaim.

Dengan kata lain, profesi Broker Asuransi mewakili dan merepresentasikan dua arah dalam mata rantai kegiatan asuransi antara nasabah dengan penyedia layanan atau perusahaan asuransi. Pelaku industri asuransi juga harus berhati-hati dalam memilih investasi di tahun politik. Mereka bakal cenderung memilih instrumen investasi relatif aman, seperti deposito, agar bisa menjalankan bisnisnya seperti biasa.

Seperti saat pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) membawa kekhawatiran bagi para pelaku bisnis. Namun, di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi dan politik tersebut, industri asuransi masih optimistis menuai pertumbuhan. Ada banyak faktor yang mendukung optimismenya itu, seperti kenaikan jumlah kelas menengah dan pemahaman keuangan masyarakat kian meningkat.

Berdasarkan pengalaman pada pemilu sebelumnya, tidak terjadi penurunan signifikan bisnis asuransi di tahun politik. Bahkan, bisnis asuransi umum itu tahan terhadap krisis. Sebagai pengusaha yang ingin mengasuransikan bisnisnya, Anda akan mendapatkan dua perlindungan asuransi yaitu asuransi jiwa dan kesehatan untuk Anda dan juga asuransi properti untuk bisnis Anda. Asuransi jiwa dan kesehatan dapat menanggung keluarga dan karyawan Anda jika tiba-tiba terjadi musibah pada Anda sebagai pengusaha.

Sedangkan, Asuransi properti untuk bisnis dapat menanggung kerugian pada bisnis seperti kebakaran, bencana, pencurian, huru hara, dan sebagainya. Tanpa asuransi, setiap kerugian pasti akan terasa berat, apalagi itu semua harus Anda tanggung secara keseluruhan. Namun dengan asuransi bisnis, kerugian yang perusahaan Anda terima akan lebih ringan, karena ada pihak penanggung yang akan mengganti kerugian yang terjadi dalam bisnis sesuai dengan perjanjian awal. Memiliki asuransi bisnis akan memberikan proteksi atau pengendalian risiko finansial terhadap usaha yang Anda miliki.

Baca Juga: Cara Mudah Membedakan Daging Babi dan Daging Sapi

Asuransi ini sangat penting karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi terhadap bisnis Anda. Hal-hal buruk bisa saja mengancam perkembangan bisnis Anda. Untuk itulah Anda memerlukan perlindungan sebelum kejadian tidak diinginkan terjadi. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada usaha yang sedang kita jalankan. Mungkin kita sudah mengukur segala kemungkinan yang akan terjadi, tetapi ada hal-hal lain yang bisa terjadi di luar perkiraan dan kendali Anda. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply