Tips Aman Belanja Online yang Bisa Dilakukan

0
T MauTips.com, Jakarta. Saat ini perkembangan teknologi internet turut memudahkan setiap orang dalam berbelanja dan bertransaksi via online atau lazim disebut e-commerce. Dengan sistem ini bisa memesan barang yang diinginkan melalui situs toko online (online shop) tanpa repot pergi ke toko penjualan yang sudah pasti akan menghabiskan ongkos lebih besar dan melelahkan.

Namun di balik efisiensi dan kemudahan berbelanja via online harus memperhatikan sisi keamanan saat memilih toko online dan ketika bertransaksi agar terhindar dari penipuan maupun aksi pembajakan data oleh spammer.

Agar tidak menjadi korban ketika berbelanja via online, berikut adalah ulasan yang dapat membantu.

Website yang Memiliki Kredibilitas
Berbelanjalah di website yang sudah terpercaya dan berhati-hati dengan alamat website yang muncul berdasarkan search engine.

Hati-hati Dengan Penulisan
Selalu teliti dan jangan terburu-buru saat membaca alamat website (URL) dari portal. Perbedaan pada satu huruf saja dapat mengarahkan ke website yang berbeda, meskipun cara bacanya sama.

Perhatikan Tanda Gembok
Hal sepele yang kerap menjebak dan mengarah pada penipuan adalah saat mengunjungi website yang tidak memiliki kode SSL (Secure Sockets Layer) yang tertanam.

Hindari Memberikan Data Melalui Email
Jika admin meminta data-data pribadi kamu untuk dikirimkan lewat email ketika kamu berbelanja di sebuah website, maka harus waspada!

Jaga Informasi Pribadi
Portal yang meminta nomor identitas, pin ATM, bahkan nomor kepegawaian, kemungkinan besar berniat mencuri data-data pribadi. Sebaiknya langsung keluar dari portal tersebut.

Harus Teliti
Bila sering berbelanja online, harus rutin mengecek semua tagihan kartu kredit. Selalu gunakan cara pembayaran yang terpercaya seperti Paypal atau Alipay.

Baca Juga: Gejala Stroke pada Wanita yang Sering Diabaikan

Gunakan Software Anti Virus
Tidak mengunjungi website untuk berbelanja bukan menjadi jaminan informasi pribadi kamu tidak bisa dicuri. Para hackers, dapat menembus computer dan PC melalui malware. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan anti virus di perangkat yang digunakan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply