Tips Atasi Jerat Hutang Saat Pandemi? Coba Cara Ini

0
T MauTips.com, Jakarta. Hutang adalah masalah kewajiban finansial yang membebani keuangan dan perlu diselesaikan. Banyak orang terjebak banyak hutang karena berbagai alasan. Bagaimana cara bebas dari hutang dengan cepat dan bisa meraih kebebasan finansial. Tidak mudah tetapi bisa, cara bebas dari hutang sekarang. Tidak memiliki dana darurat saat pandemi Covid-19 mungkin membuat memutuskan untuk berutang. Keputusan ini sebetulnya sulit diambil saat pengeluaran tergerus. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar hutang tidak berdampak buruk pada kondisi keuanganmu.

Turunkan gaya hidup
Biasanya, orang yang memutuskan untuk berutang adalah orang yang tidak lagi memiliki cukup penghasilan. Bila penghasilan masih cukup, maka patut dipertanyakan, untuk apa hutang tersebut diambil. Barangkali masih belum sanggup menurunkan gaya hidup saat pandemi Covid-19. Padahal di masa serba sulit ini, semua keluarga melakukan penyesuaian budget. Anda pun harus bisa melakukan penyesuaian itu agar keuangan tetap sehat. Oleh sebab itu, penting untuk memahami apakah utang itu murni untuk konsumsi? Utang konsumtif tidak mendatangkan produktifitas di masa depan dan itu bahaya.

Cara penghasilan tambahan
Setelah menurunkan gengsi perlu mencari penghasilan tambahan. Coba cari keahlian yang bisa menghasilkan uang. Hal itu bisa berupa membuat masakan untuk dijual atau mengajar kelas online. Sekali lagi, mencari penghasilan tambahan juga perlu menurunkan gengsi. Karena banyak sekali orang yang berujung enggan mencari penghasilan tambahan karena malu untuk berjualan. Kita kerap segan melakukan pekerjaan untuk berdagang atau apapun itu. Lebih malu enggak bisa bayar utang daripada mengerjakan pekerjaan yang halal. Jadi, ubah mindset itu.

Baca Juga: Kenali Jenis Migrain dan Penyebab Gejala yang Dialami

Prioritaskan utang produktif
Untuk selanjutnya jika ingin berutang, maka prioritaskan utang produktif. Utang produktif adalah utang yang dananya digunakan untuk melakukan usaha atau apapun yang kembali menghasilkan uang. Jika sudah berutang untuk hal-hal produktif, pastikan juga pengembaliannya tidak terlalu lama. Tujuannya agar kondisi keuangan di bulan-bulan berikutnya masih bisa terjaga. Jadi misalnya, modal usaha pertama kali dibantu dari pinjaman, tapi jangan kelamaan. Dalam waktu sebulan atau dua bulan usaha harus bisa menghasilkan sesuatu sehingga bisa membayar kembali utang secara mandiri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply