Ini Faktanya Ketombe Bukan Karena Kulit Kering

0
I MauTips.com, Jakarta. Serpihan-serpihan putih yang bertaburan di rambut dan kulit kepala dikenal sebagai ketombe. Di dunia kedokteran, istilah medis untuk kondisi tersebut adalah pytiriasis sicca. Penyebabnya adalah pertumbuhan jamur Mallasezia yang tidak terkontrol. Kulit kepala terasa kering dan gatal, lalu digaruk.

Hasilnya, serpihan putih bagaikan salju bertaburan di antara rambut dan kulit kepala dan bahkan jatuh di kerah baju. Banyak orang khawatir penggunaan sisir dan tutup kepala bisa menularkan jamur penyebab ketombe. Dikatakan tidak akan menular karena semua orang memang mempunyai jamur tersebut di kulit kepalanya.

Ketombe baru bisa muncul kalau ada faktor pencetusnya. Faktor pencetus yang dimaksud antara lain produksi minyak yang berlebih di kulit kepala, stres dan juga gangguan kesehatan seperti stroke. Penurunan daya tahan tubuh seperti pada pengidap HIV (Human Imunodeficiency Virus) juga bisa menjadi pencetus munculnya ketombe.

Meski tidak berdampak fatal, ketombe selalu menjadi momok menakutkan khususnya bagi para perempuan yang menganggap rambut indah sebagai mahkota kecantikannya. Sudah sejak dulu orang dibuat percaya bahwa kulit kepala yang kering adalah penyebab ketombe muncul, padahal ini adalah sebuah kesalahpahaman.

Kesalahpahaman yang umum bahwa ketombe disebabkan oleh kekeringan. Pada kenyataannya, biasanya ini terjadi karena kelebihan pertumbuhan jamur yang tidak berbahaya. Masalah makin bertambah ketika tidak pernah mencuci rambut secara berkala.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Olahraga Baik Dilakukan Saat Menstruasi

Ketika malas mencuci rambut, minyak atau sebum serta tumpukan sel kulit mata yang dihasilkan menjadi makanan jamur tersebut, sehingga ketombe akan semakin banyak. Tak ada salahnya juga untuk mengunjungi dokter kulit untuk membantu mengatasi ketombe. Dari pada kuit kepala luka-luka karena terlalu sering digaruk. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply