Ini Manfaat Tak Pakai Makeup dalam Waktu Lama

0
I MauTips.com, Jakarta. Tidak pergi ke kantor atau jalan-jalan ke mal memang bisa jadi alasan kuat untuk tidak berdandan. Namun, merias diri tak bisa ditinggalkan begitu saja. Tak ada salahnya jika Anda tampil cantik selayaknya mau kongko bersama teman saat berada di rumah selama masa pandemi Covid-19.

Menginvestasikan waktu untuk mencoba berpenampilan menarik tak akan berujung sia-sia. Alih-alih membuang-buang waktu, berdandan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental Anda di tengah situasi yang tak menentu ini. Manfaat ini juga berlaku meski hanya Anda yang melihatnya sendiri di cermin. Cara kita melihat, secara langsung berdampak pada kesehatan mental kita, lewat apa yang kita rasakan, sehingga penting untuk memperhatikan penampilan. Ada beberapa manfaat yang bisa dipetik dari ‘puasa makeup’ mulai dari berkurangnya jerawat hingga garis-garis penuaan yang kian menipis. Berikut beberapa manfaat berminggu-minggu tanpa makeup untuk kesehatan kulit.

Permukaan kulit kembali ‘seimbang’
Ahli dermatologi Nadia Kihiczak mengatakan, menghindari penggunaan foundation dan blush on dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak dan hidrasi kulit. Tak hanya itu, menurunnya intensitas penggunaan toner juga berkontribusi pada mengembalikan keseimbangan minyak alami pada kulit.

Jerawat berkurang
Berbeda dengan produk skincare yang meresap hingga lapisan dalam kulit, makeup hanya bertahan di permukaan. Penggunaan makeup bisa memengaruhi produksi sebum yang bergantung pada faktor eksternal seperti kelembapan. Sering kali penggunaan makeup meningkatkan produksi minyak. Tanpa makeup bisa mengurangi kadar minyak sekaligus menghilangkan jerawat.

Kulit minim terekspos bakteri
Puasa makeup juga membuat Anda terjauh dari penggunaan kuas yang berpotensi membawa bakteri untuk kulit. Bakteri apa pun bisa bertahan meski kuas telah dicuci. Tak hanya di kuas, bakteri juga bisa ‘menginap’ di dalam makeup.

Garis-garis tanda penuaan menipis
Penggunaan makeup dapat mempercepat kemunculan tanda-tanda penuaan pada kulit. Riasan, kata Kihiczak, dapat menempel pada garis-garis halus dan kerutan sehingga membuatnya tampak jelas. Tak hanya itu, proses menghapus makeup juga menimbulkan tarikan-tarikan pada kulit. Tarikan pada kulit secara terus menerus dapat memengaruhi elastisitas kulit dan mempercepat penuaan.

Baca Juga: Awas, Kebanyakan Makan Gorengan Bisa Cepat Tua dan Picu Kanker

Bulu mata lebih ‘penuh’
Tak menggunakan maskara memberikan dampak positif pada bulu mata. Kerusakan akan berkurang dan membuat bulu mata tampak lebih panjang dan tebal. Kendati banyak manfaat yang didapat dari ‘puasa makeup’, Anda harus tetap menjalankan rutinitas perawatan kulit seperti biasanya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply