Inilah Bahaya dari Sinar Biru di Gadget Bagi Kecantikan

0
I MauTips.com, Jakarta. Saat ini kehadrian smartphone seolah sudah menjadi kebutuhan pokok yang selalu menemani waktu. Mulai dari terbitnya matahari sampai larut malam kita tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Bagi anda yang suka menggunakan smartphone di malam hari seperti menjelang tidur, ada beberapa hal penting yang wajib diketahui berkenaan dengan kesehatan mata anda. Smartphone dapat memancarkan sinar biru atau blue light yang terpancar dari layar.

Dan sinar inilah yang membahayakan kesehatan mata kita. Gagdet menghasilkan sinar biru atau blue light pada layarnya, yang ternyata berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Sinar biru tersebut diklaim menyebabkan turunnya produksi hormon melatonin, yang mengatur siklus tidur. Blue light juga memberi dampak buruk untuk kecantikan kulit seseorang. Sinar biru ini terlihat oleh mata, berbeda dari ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) yang tak tampak mata, namun juga merusak kulit. Walau belum terbukti pasti bahwa blue light itu menjadi biang penyebab kanker kulit, akan tetapi ia dapat memicu hiperpigmentasi.

Pada studi tersebut juga dikatakan bahwa jika sering terpapar sinar biru, maka seseorang bisa mengalami penuaan dini. Sinar biru yang berlebihan bisa mempercepat proses oksidasi dan menyebabkan hiperpigmentasi. Efek oksidasi itu memicu peradangan di kulit serta merusak penghalang kulit. Hasilnya kulit rentan terhadap tanda penuaan. Sebagai pencegahan dan menurunkan intensitas sinar biru dari barang elektronik maka Anda dapat memakai aplikasi filter.

Baca Juga: Saat Banjir dan Musim Hujan Waspadai Penyakit yang Sering Muncul

Untuk kulit dan mata agar tak terlalu parah terdampak sinar biru, gunakan kacamata dan tabir surya setiap hari. Paparan langsung sinar biru dapat menyebabkan kerusakan retina. Hal ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral atau kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan mata.

Mulai dari sekarang mulailah perhatikaan penggunaan smartphone terutama pada malam hari, bijaklah dalam menggunakan smartphone dan jangan berlebihan. Karena kesehatan mata anda lebih berharga dibandingkan dengan smartphone paling mahal sekalipun. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply