5 Manfaat Nasi Putih Untuk Si Kecil

0

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis mengonsumsi nasi sebagai sumber karbohidratnya. Di Indonesia, nasi adalah makanan pokok yang selalu dikonsumsi setiap gari. Selain mengandung karbohidrat. Nasi juga mengandung vitamin B diantaranya tiamin, niasin, asal folat, dan zat besi.

Selain dikonsumsi orang dewasa, bayi atau balita juga perlu diperkenalkan dan dibiasakan untuk mengonsumsi nasi. Hanya saja diperhatikan kadar dan usia yang tepat untuk mengonsumsi nasi. Hal ini dilakukan agar anak terbiasa makan makanan yang biasa dimasak oleh lingkungan sekitarnya. Lantas apa saja manfaat nasi putih untuk si kecil? Berikut manfaat nasi putih jika dikonsumsi oleh bayi.

1. Sebagai sumber energi

Manfaat nasi apabila dikonsumsi si kecil tak lain sebagai sumber energi. Nasi adalah jenis makanan pokok yang sangat penting untuk tubuh manusia. Tak heran nasi menjadi makanan pokok sehari-hari. Kandungan karbohidrat dan kalori yang ada pada nasi dapat menjadi sumber tenaga. Nasi dapat disebut sebagai sumber energi yang cukup besar untuk tubuh si kecil.

2. Mendukung Pertumbuhannya

Sebagai makanan pokok dan menjadi sumber energi. Nasi dapat mendukung pertumbuhan bati. Sebab, Nasi mengandung zat dan mineral yang bisa membantu pertumbuhan si kecil hingga tua nanti.

3. Kaya Akan Vitamin

Sebagai pendukung pertumbuhan. Nasi juga menganding berbagai vitamin dan mineral diantaranya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin yang diperlukan tubuh sehari-hari.

4. Mendukung Pertumbuhan Tulang

Nasi mengandung vitamin yang dapat membantu pertumbuhan tulang bayi agar terbentuk secara sempurna. Kandungan kalsium pada nasi sangat baik untuk membentuk tulang si kecil agar lebih kuat dan dapat mencegah osteoposisi di masa tuanya kelak.

5. Mendukung Pertumbuhan Gigi

Selain membantu pertumbuhan tulang, nasi juga mendukung pertumbuhan gigi. Kandungan kalsium pada nasi berfungsi untuk membentuk gigi yang kuat.

Itulah lima manfaat nasi apabila dikonsumsi bayi. Namun perlu diingat sebelum memberikan nasi, ketahui terlebih dahulu usia bayi yang tepat untuk mengonsumsi nasi serta perhatikan kadarnya. Jangan memberikan nasi terlalu banyak kepada bayi karena berisiko besar terserang obesitas atau kelebihan berat badan yang dapat mengganggu kesehatannya.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply