Benarkah Mencium Aroma Kopi Dapat Meningkatkan Kecerdasan?

0
B MauTips.com, Jakarta. Dibalik banyaknya jumlah orang yang mengonsumsi kopi, mungkin belum banyak yang tahu jika menghirup uap kopi terbukti bisa berpengaruh pada kinerja otak. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling umum dan sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar dunia telah melatih warga Indonesia untuk menjadikan kopi sebagai bagian dari gaya hidup. Semangat pagi ini sesungguhnya disebabkan aroma kopi yang menstimulasi otak untuk merasa senang, rileks, dan memperbaiki suasana hati. Aroma dari kopi akan ditransfer dari cabang otak secara langsung ke sistem limbik, yakni bagian otak yang mempengaruhi suasana hati dan kemampuan memori. Kafein pada akhirnya akan memblokir reseptor adenosin, menghalangi molekul-molekul penyebab rasa jenuh dan lelah. Selain itu, dopamin yang terkandung akan mempengaruhi motivasi untuk terus aktif bekerja dan memunculkan rasa positif tentang diri sendiri. Jadi, jangan khawatir bagi kamu yang sering tidak sempat meminum kopi. Ternyata, menghirup uapnya saja cukup untuk menaikkan energi. Menghirup aroma kopi dapat meningkatkan fokus dan kekuatan psikomotor, keberlanjutan atensi, serta kecepatan memori menjadi lebih baik.

Selain itu, menghirup aroma kopi juga bisa memperkuat rasa konsentrasi dan ketenangan sekaligus. Jika semua manfaat psikis ini didapatkan sebelum memulai hari, maka tingkat produktivitas dalam bekerja juga akan meningkat. Otak akan bekerja maksimal saat memiliki fokus yang terarah, konsentrasi yang baik, kecepatan berpikir dan rasa tenang yang memberi ruang bagi kreativitas.

Efek ini adalah efek yang sama saat didapat dengan menyeruput kopi, oleh karenanya menghirup aroma kopi bisa dikatakan memberi efek plasebo pada psikis seseorang. Otak terbiasa bekerja memompa semangat dan meningkatkan konsentrasi saat mengonsumsi kopi. Saat menghirup aromanya, otak mengira bahwa sedang mengonsumi kopi sehingga stimulan-stimulan psikis tetap bekerja walaupun belum meminumnya.

Baca Juga: Kenali Gejala Sakit Kepala Akibat Omicron dan Cara Mengatasinya

Meski menghirup aroma kopi terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kecerdasan, namun efek yang terjadi pada setiap orang tetap bisa berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi. Tapi, cara ini bisa dijadikan alternatif bagi yang intoleran terhadap kafein sehingga tidak bisa mengonsumsinya secara langsung dalam jumlah banyak. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply