Cara Mudah Mengetahui Ikan Cupang Sakit dan Cara Mengobatinya

0
C MauTips.com, Jakarta. Disaat pandemi seperti saat ini selain merawat tanaman, hobi memelihara ikan cupang kembali naik dun dan jadi salah satu cara meredakan stres. Cara perawatan yang keliru bisa membuat ikan cupang sakit.

Tapi ak perlu langsung panik. Anda bisa membaca pertanda yang ditunjukkan sang ikan, misalnya lewat gerak-gerik atau perubahan pada tubuh. Penting untuk mengamati respons ikan cupang saat Anda memberinya makan, sebab hilang nafsu makan bisa jadi salah satu ciri-ciri ikan cupang yang sakit. Tapi bagaimana jika sebaliknya, ikan Anda yang stres. Itu sebab penting mengenali ciri-ciri ikan cupang yang jatuh sakit. Mengenai ciri-ciri ikan cupang yang sakit ini penting untuk menentukan penanganan selanjutnya. Terutama, bagi para pemula pehobi ikan hias.

Berikut ciri-ciri ikan cupang yang sakit.

1. Hilang nafsu makan
Ikan cupang memiliki nafsu makan yang sangat sehat. Inilah sebab mengapa sangat penting untuk memperhatikan ikan ketika memberinya pakan. Jika ikan menolak makanannya lebih dari satu kali maka Anda harus segera memeriksanya.

2. Terlihat kurus
Beberapa ikan akan mulai terlihat seperti menyia-nyiakan makanan meskipun mereka belum berhenti makan. Hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa pakan ikan cupang milik Anda tidak mengandung nutrisi yang cukup.

3. Warna memudar
Warna pada ikan cupang akan terlihat kusam atau pudar apabila kualitas air menurun. Tidak hanya itu, dilansir dari Nippy Fish, memudarnya warna pada ikan cupang juga bisa dikarenakan infeksi bakteri atau parasit.

4. Ikan tampak lesu
Jika ikan terlihat kehilangan energi secara tiba-tiba, jangan diabaikan. Ikan cupang biasanya menjelajah sepanjang hari dan tampak tenang pada malam hari.

5. Rusaknya sirip dan ekor ikan
Sirip ikan cupang yang tidak mengembang seperti biasanya, menjadi salah satu ciri-ciri ikan cupang sakit. Selain itu, sirip dan ekor ikan nampak rapuh turut jadi indikator adanya infeksi busuk.

Cara Mengobati Ikan Cupang Sakit

Setelah mengetahui dan mengidentifikasi ciri-ciri ikan cupang yang sakit, Anda bisa mempelajari cara mengobatinya. Dengan penanganan yang tepat, ikan mungil Anda akan terselamatkan.

1. Cek kualitas air
Kualitas air yang buruk menjadi dasar munculnya penyakit pada ikan. Layaknya udara yang kita hirup, air tempat ikan berenang sangat penting untuk kesehatan mereka.

2. Memperbaiki kualitas air
Jika kandungan air yang disebutkan sebelumnya terlalu tinggi atau rendah, Anda harus segera menggantinya. Mengganti filter air dan menyetel ulang filtrasi.

3. Cek pakan ikan
Ada baiknya mengecek kemasan dan tanggal kadaluarsa pada pakan ikan. Semakin bertambah usia ikan, maka nutrisi dan vitamin yang diperlukan akan berbeda.

Baca Juga: Tips Merawat dan Memperbanyak Tanaman Hias Janda Bolong

4. Menghubungi Dokter Hewan
Apabila merasa kurang setelah mengetahui cara mengobati ikan cupang sendiri, Anda bisa membawanya ke dokter hewan terdekat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply