Cara Unik Sistem Penyiraman Otomatis Tanaman Hias

0
C MauTips.com, Jakarta. Tak dimungkiri, kebanyakan air akan membuat akar tanaman hias akan membusuk dan akhirnya mati. Niat untuk membeli tanaman hias seringkali tak dibarengi dengan rutinitas merawatnya.

Bahkan terkadang menyirami saja sering kelupaan atau bahkan terlalu banyak menyiramnya sampai ‘banjir.’ Seorang wanita dari Canberra mengungkapkan cara unik agar tanaman tetap terhidrasi dengan baik sekalipun dia lupa menyiramnya secara manual. Dia menggunakan tampon mencegah lupa menyiram tanaman atau bahkan mencegah terlalu banyak menyiram tanaman. Dia meletakkan tampon di sisi tanaman dalam potnya untuk menyerap kelebihan air. Selain digunakan untuk menyerap kelebihan air, dia juga melihat ada orang yang memakai tampon untuk melakukan sistem penyiraman sendiri atau penyiraman otomatis. Tampon ini diletakkan di dasar pot dan tali panjangnya dibiarkan menjuntai mengenai air. Air akan merambat naik secara perlahan dan mengairi tanah dalam pot.

Sistem pengairan adalah satu hal yang penting. Pastikan pot tanaman memiliki lubang agar air bisa mengalir keluar. Anda juga dapat menambahkan lapisan batu di antara tanah tanaman Anda dan bagian bawah pot untuk memungkinkan air masuk. Kemudian, berhati-hatilah dengan seberapa sering Anda menyiram tanaman hias Anda.

Baca Juga: Aglonema ‘Hidroponik’ Bersama Ikan Cupang, Hiasan Indoor

Lakukan riset tentang kebutuhan masing-masing tanaman Anda. Beberapa dapat bertahan dengan sangat sedikit air sama sekali. Kemudian buat jadwal penyiraman. Jika Anda tidak yakin, coba tempel jari Anda ke tanah tanaman Anda. Jika jari Anda kering, tanaman hias Anda bisa disiram air. Tetapi jika tanah masih lembap maka siram antara 1-2 hari sekali. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply