Hal Yang Harus Dikuasai Sebelum Lulus Kuliah, Jangan Sampai Menyesal

0
H MauTips.com, Jakarta. Kuliah bisa jadi adalah penentu masa depan. Namun, menjadi sarjana tak menjamin ladies memperoleh karir atau pekerjaan yang mapan. Banyak pengangguran yang berasal dari kalangan sarjana yang hanya berbekal ijazah tanpa ada keterampilan atau skill yang menunjang. Sebagai mahasiswa tingkat akhir yang akan menyelesaikan skripsi. Tentu, masa depan cerah dan mapan menjadi impian yang didambakan. Apalagi perkuliahan yang ditempuh selama 3-4 tahun cukup menyita waktu dan tenaga. Tak heran, jika harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sebelum lulus dan menyandang gelar sarjana, sebaiknya lharus tau apa yang akan dilakukan setelah lulus nanti.

Ada beberapa hal yang harus dikuasai mulai dari keterampilan, sikap, maupun karakter.

1. Kuasai Teknologi
Teknologi semakin berkembang pesat dan mempermudah kerja manusia. Hampir semua bidang tersentuh oleh teknologi. Sehingga, manusia dituntut untuk menguasai skill teknologi. Apalagi beberapa perusahaan atau instansi kebanyakan mencari orang yang melek teknologi. Jika memiliki keahlian ini tentu akan menjadi poin plus tersendiri.

2. Perbanyak Pengalaman dan Relasi
Kemampuan berkomunikasi, problem solving, mampu bekerjasama dengan team, mampu menjadi leader bagi dirinya sendiri dan orang lain adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Nah, kemampuan yang disebutkan tadi bisa diperoleh dengan aktif di organisasi, kegiatan volunteer, dan bergabung di salah satu komunitas tertentu.

3. Etos Kerja yang Tinggi
Perusahaan atau instansi tertentu kebanyakan merekrut orang yang memiliki kerja etos yang tinggi. Hal ini dikarenakan tipe orang yang memiliki kerja etos tinggi akan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan sangat produktif. Selain itu, perusahaan cenderung memilih orang yang memiliki keinginan untuk terus belajar dan takkan mengulangi kesalahan yang sama. Perusahaan takkan memilih orang yang malas yang senang menunda-nunda pekerjaan.

4. Kemampuan Berbahasa Asing
Banyak perusahaan dan instansi yang mencantumkan kemampuan berbahasa asing sebagai syarat. Banyak yang akhirnya tak jadi melamar di perusahaan atau berakhir dengan penolakan karena tak memiliki skill mumpuni berbahasa asing. Tentu, syarat itu bukan tanpa alasan. Kemampuan berbahasa asing bisa mendongkrak karir.

Baca Juga: Tips Mengatur Lifestyle di Era New Normal

5. Attitude
Bekerja tak melulu soal individu namun juga membutuhkan kerjasama dengan orang lain. Nah, dalam menjalin kerjasama tentu harus ada etika dan attitude yang baik. Pintar tapi tak memiliki attitude yang baik, hanya akan membuat orang tak akan menghargai. Bersikap ramah, menghargai orang lain, suka menolong, rendah hati adalah sikap yang akan membuat lingkungan sekitarmu nyaman. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply