Melakukan Hobi Baik Untuk Kesehatan Mental

0
M MauTips.com, Jakarta. Depresi merupakan kelainan mental yang paling umum terjadi. Jika depresi terjadi, ada beberapa cara untuk mengatasinya dengan merubah gaya hidup dan perilaku. Depresi dapat mempengaruhi perasaan serta cara berpikir dan berperilaku.

Jika rasa ini berlangsung dalam beberapa hari atau minggu, tentu saja akan mengganggu pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Faktor genetik dan stres dapat menjadi penyebab depresi. Orang dengan riwayat keluarga depresi lebih cenderung berpeluang mengalami depresi. Pada sebagian orang depresi dapat memberikan gejala yang membuat tidur lebih banyak, dan sebagian orang lainnya akan mengalami gejala sulit tidur dan hilangnya nafsu makan. Selain itu, depresi juga memiliki gejala sulit berkonsentrasi, merasa sedih berkepanjangan, merasa masa depan tidak akan baik, merasa tidak berenergi, dan hingga merasa ingin melakukan bunuh diri. Pandemi Covid-19 membuat banyak hobi baru menjadi tren. Mulai dari berkebun, beternak ikan cupang, memasak, hingga bersepeda. Bukan tanpa alasan kegiatan ini semakin digemari. Terdapat sejumlah alasan berkutat dengan hobi baik untuk kesehatan mental.

Studi menunjukkan memiliki hobi dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah dan bahkan dapat mencegah depresi. Hobi dan interaksi sosial bahkan juga sudah menjadi salah satu terapi atau pengobatan bagi orang yang yang memiliki depresi ringan. Antidepresan bisa jadi kurang efektif pada mereka dengan depresi ringan, sedangkan strategi pengobatan ini (hobi dan interaksi sosial) dapat membantu pasien dengan depresi meringankan gejala. Berkutat dengan hobi dapat mempengaruhi sistem penghargaan di otak. Saat seseorang melakukan hobi yang mereka senangi, otak melepaskan dopamin, zat yang dapat meningkatkan rasa senang.

Baca Juga: Mengenal Kaitan Antara Olahraga dan Kecantikan

Zat ini juga menciptakan candu, sehingga otak akan terus termotivasi untuk melakukan hobi tersebut. Selain itu, melakukan hobi juga dapat meningkatkan kebugaran dan fungsi otak. Sejumlah penelitian menunjukkan hobi seperti bermain musik dan membaca dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah demensia di hari tua. Oleh karena itu, coba temukan hobi Anda di masa pandemi ini agar dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply