Mitos dan Fakta Kesehatan Seputar Puasa Ramadhan

0
M MauTips.com, Jakarta. Ketika menjalani puasa ramadhan ada beberapa pemahaman keliru yang berkembang. Bagi setiap muslim puasa adalah hal yang wajib dilaksanakan selama Bulan Ramadan. Namun
ahli diet mencoba menjelaskan beberapa informasi keliru yang sering dipercaya dan sebaiknya mulai ditinggalkan.

Puasa Ramadhan Membantu Menurunkan Berat Badan
Tujuan puasa Ramadhan bukanlah untuk menurunkan berat badan atau membantu menurunkan berat badan. Puasa Ramadhan memperlambat laju pembakaran kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan apabila diet banyak gula, lemak dan asupan kalorinya melebihi kebutuhan kalori harian.

Makan Sahur Banyak Mempermudah Puasa
Sahur seharusnya tidak perlu makan makanan yang berat. Salah satu hal yang terpenting selama sahur adalah tidak mengonsumsi makanan yang digoreng dan makanan yang mengandung kadar garam tinggi untuk mencegah kehausan yang berlebihan ketika menjalani puasa.

Puasa Menghilangkan Racun dari Tubuh
Puasa tidak membantu tubuh mengeluarkan racun karena sebenarnya makanan tidak memproduksi racun di tubuh. Yang terjadi ketika makan tidak sehat adalah terjadinya stres oksidatif. Akibatnya menimbulkan kerusakan sel maupun organ yang lebih banyak.

Baca Juga: Beberapa Pertimbangan Sebelum Beli Baju Lebaran

Olahraga Saat Puasa Berbahaya
Berolahraga saat puasa Ramadan aman jika telah terbiasa berolahraga dengan perut kosong. Satu-satunya masalah dengan berolahraga saat berpuasa adalah tubuh tidak menerima energi dari makanan. Hal yang mungkin terjadi ketika berolahraga saat berpuasa adalah penipisan otot sehingga membuat energi yang sudah disimpan di kantong otot berperan sebagai glikogen. MauTips.com, Jakarta.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply