Pentingnya Sarapan, dari Asupan Energi hingga Makna Cinta

0
P MauTips.com, Jakarta. Berbekal sarapan pagi yang kita lakukan ini merupakan pasokan energi untuk memulai aktivitas. Aktivitas yang telah ditunjang oleh nutrisi sarapan pagi ini akan membuat kegiatan berjalan baik dengan penuh senangat. Sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalani aktivitas keseharian kita, jangan pernah menyepelekannya karena kesibukan anda. Pentingnya sarapan pagi ini tidak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia.

Berikut ini merupakan fakta dari manfaat sarapan pagi.

Sumber Energi
Untuk beraktivitas sepanjang hari dalam bekerja sangat penting untuk memberikan tubuh nutrisi baik di pagi hari. Sarapan di pagi hari juga dapat membantu anda dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari.

Mengontrol Berat Badan & Diet
Dengan mengisi perut di pagi hari maka ia dapat menekan nafsu makan anda di siang hari. Selain itu anda tidak makan “over” pada saat siang hari yang dapat merugikan dalam pola diet dan berat badan.

Mengembalikan Metabolisme Tubuh
Saat tidur tubuh tidak mengkonsumsi makanan sama sekali sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas namun jika, sarapan ini terlewatkan tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag.

Meningkatkan Konsentrasi Otak
Kegiatan sarapan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama kita tidur. Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik.

Menjaga Mood
Orang yang sarapan lebih baik moodnya dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan.

Kesehatan Jangka Panjang
Manfaat sarapan pagi untuk jangka panjang juga tidak kalah hebatnya, ia merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung tubuh agar sehat sampai tua. Dengan sarapan pagi anda dapat mengurangi penyakit ini agar tidak menyerang untuk jangka panjang.

Baca Juga: Mengenal Stevia, Gula Alami Nol Kalori dari Daun Stevia

Baik untuk anak-anak
Manfaat sarapan bagi anak merupakan kebutuhan yang sangat penting, terlebih lagi jika si anak dalam usia sekolah. Sarapan pagi adalah awal persiapan otak anak untuk menerima pelajaran di sekolah, dengan sarapan pagi otak menjadi lebih fokus sehingga daya tangkap menjadi lebih optimal. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply