Tanaman Berdaun Hitam, Elegan Untuk Dekorasi Rumah

0
T MauTips.com, Jakarta. Tanaman berdaun hitam menjadi salah satu tren tanaman hias yang tengah beranjak naik belakangan. Mulai dari tanaman Zamioculcas zamiifolia (ZZ) hitam hingga Philodendron ‘black cardinal’, tanaman berdaun hitam telah menangkap imajinasi kolektif masyarakat. Mendekorasi rumah dengan tanaman hias sudah bukan hal aneh lagi untuk saat ini. Tapi, jangan berhenti bereksplorasi. Anda bisa mencoba mendekorasi rumah dengan beberapa pilihan tanaman berdaun hitam.

Berikut beberapa pilihan tanaman berdaun hitam yang bisa Anda cari.

1. Philodendron ‘black cardinal’
Philodendron ‘black cardinal’ tumbuh dengan daun berwarna hijau kehitaman. Pada masa awal pertumbuhan, tanaman ini akan hadir dengan warna perunggu yang mengkilap indah. Tanaman ini cocok untuk hidup dalam lingkungan beriklim tropis atau subtropis. Tanaman ini dapat tumbuh baik meski tak terpapar sinar matahari langsung.

2. Burgundy rubber tree
Burgundy rubber tree atau pohon karet burgundy merupakan tanaman hias dalam ruang yang hadir dengan daun tebal dan mengkilap. Warna yang dihadirkan berkisar antara merah anggur hingga hampir seperti hitam. Tanaman ini dapat mentolerir cahaya redup, namun daun akan memudar menjadi hijau muda.

3. Raven ZZ
Zamioculcas zamiifolia Raven atau raven ZZ merupakan salah satu tanaman berdaun hitam yang bisa Anda pilih. Daunnya tumbuh dengan rentang warna ungu-hijau tua yang mendekati hitam. Raven ZZ akan bertahan hidup dapat kondisi cahaya yang sangat redup. Anda bahkan bisa menempatkannya di kamar mandi.

4. Alocasia reginula ‘black velvet’
Alocasia reginula dikenal juga dengan sebutan ‘black velvet’ karena warna hitam daunnya yang sangat kontras. Daun tanaman ini bertekstur seperti beludru dan agak kasar saat disentuh. Tanaman yang memiliki tinggi hingga mencapai 40 sentimeter ini agak ‘rewel’ jika terlalu sering disiram. Tanaman ini rentan menjadi busuk terutama saat disiram berlebihan.

Baca Juga: Tanaman Hias Indoor yang Mungil, Cocok Ditaruh di Meja

5. Ludisia discolor ‘jewel orchids’
Menjadi salah satu varietas anggrek, Ludisia discolor juga dikenal dengan sebutan ‘jewel orchids’ atau anggrek permata. Anggrek permata terkenal akan daunnya yang berwarna merah dan hijau tua mendekati hitam. Tanaman ini menghasilkan bunga berwarna putih dan kuning pucat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply