Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

0
T MauTips.com, Jakarta. Penggunaan metode pengusiran nyamuk dengan berbagai tanaman hingga saat ini masih kerap difungsikan di beberapa negara di Asia seperti India dan Srilanka.

Serangan dan gigitan nyamuk merupakan masalah klasik yang kerap dialami penduduk yang tinggal di wilayah tropis. Tak heran jika para orang tua zaman dulu hingga kini masih menerapkan metode sederhana namun ampuh yakni tanaman hias pengusir nyamuk. Metode pengusiran nyamuk dengan tanaman dinilai memiliki daya guna yang efektif. Selain itu, mereka memercayai bahwa zat alami yang dikeluarkan tanaman dianggap aman bagi kesehatan anak hingga orang tua.

Berikut tanaman-tanaman hias pengusir nyamuk yang dapat menjadi alternatif.

1. Lantana Camara
Tanaman hias yang kerap disebut ‘tahi ayam’ ini disebut andal sebagai tameng pengusir nyamuk. Menurut peneliti di Indian Institute of Technology Kanpur, senyawa fitokimia yang terkandung di Lantana memiliki triterpenoid hingga asam oleanolic, yang dipercaya sebagai senyawa yang ditakuti nyamuk.

2. Lavender
Lavender merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling nyaman digunakan, sebab ia mengandung minyak atsiri pada kuncup bunganya. Lavender juga tak rewel sebagai tanaman budidaya, sebab ia mampu hidup di berbagai iklim. Namun tetap saja, lavender membutuhkan asupan matahari yang cukup dan sirkulasi air yang memadai.

3. Marigold
Tanaman hias dengan bentuk bunga lucu berwarna kuning hingga oranye cerah ini ternyata memiliki khasiat ampuh dalam mengusir kedatangan nyamuk. Bahkan, menurut New York Botanical Garden (NYBG), tanaman yang masih dalam keluarga bunga matahari ini tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi mereka juga mencegah kutu daun, lalat putih, walang, hingga cacing gelang.

4. Rosemary
Rosemary juga memiliki tekstur daun yang apik dan kuat, sehingga pemilik dapat memangkasnya sesuai selera dan menjadikannya hiasan hunian dalam ruangan (indoor). Selain itu, tanaman hias pengusir nyamuk yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dalam makanan.

Baca Juga: Cara Unik Sistem Penyiraman Otomatis Tanaman Hias

5. Allium
Allium dapat ditanam dalam media pot yang difungsikan sebagai pemanis di sudut-sudut ruangan. Beberapa orang juga gemar menanam Allium melalui media tanah tanpa perantara. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply