Tanaman Indoor Yang Membantu Ringankan Stres

0
T MauTips.com, Jakarta. Terdapat beberapa tanaman indoor yang diklaim dapat mengurangi bahkan menghilangkan stres. Tanaman tersebut dapat berguna bagi yang sedang merasa mumet dan gelisah.

Apalagi, sejak pandemi COVID-19 melanda, hampir semua orang sepertinya merasakan stres yang berlebih. Dapat menaruh tanaman hias indoor itu di meja kerja, ruang tamu, kamar, atau di bagian manapun yang kerap memiliki atmosfer dengan tingkat stres yang tinggi. Akan tetapi wajib memperhatikan kebutuhan air dan cahayanya agar terpenuhi karena hal tersebut merupakan hal yang paling penting.

Berikut tanaman indoor yang dapat mengurangi stres.

Lidah buaya
Aloe vera atau lidah buaya mungkin lebih dikenal dengan manfaatnya yang dapat menyembuhkan luka atau hal-hal seperti terbakar sinar matahari, jerawat dan eksim. Juga, lidah buaya memiliki kemampuan untuk pemurnian udara.

Lidah mertua
Selain menambahkan sentuhan hijau yang indah ke rumah, lidah mertua juga dapat membantu meningkatkan udara dalam ruangan dengan menyerap polutan beracun di udara. seperti formaldehida dan toluena yang memengaruhi tidur, suasana hati, dan tingkat energi. Tanaman indoor yang satu ini dipercaya dapat membawa pengaruh positif pada kesehatan mental.

Lavender
Aroma dari lavender yang menenangkan menjadikannya pengiring aromaterapi yang disukai banyak orang. Keharuman dari tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan rasa tenang dengan khasiat membantu mengurangi stres serta kecemasan.

Rosemary
Banyak yang menganggap rosemary sebagai ramuan yang hanya bertujuan untuk menambah rasa pada makanan. Tetapi siapa sangka, ketika menyimpan rosemary di dalam ruangan, tanaman ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam darah dan meningkatkan fungsi kognitif.

Melati
Melati telah dibuktikan dapat meningkatkan aktivitas otak, menginduksi tidur dan membantu meringankan gejala penyakit mental. Tanaman indoor yang juga bisa menjadi tanaman outdoor ini memiliki manfaat terapeutik yang bisa digunakan sebagai alternatif obat untuk depresi, stres, kecemasan dan insomnia.

Peppermint
Peppermint dibuktikan secara ilmiah berguna untuk menurunkan frustrasi dan juga meningkatkan kewaspadaan. Menthol, yang ditemukan di tanaman indoor ini, biasanya disertakan dalam banyak produk mandi karena membantu mengendurkan otot.

Baca Juga: Tanda Butuh Waktu Tidur Lebih, Selain Mengantuk Parah

Kamomil
Sering digunakan sebelum tidur agar dapat beristirahat dengan nyenyak, chamomile atau kamomil juga telah lama dikenal dengan efek anti-kecemasannya. Umumnya orang menikmati kamomil sebagai teh karena memiliki kegunaan lainnya, yaitu untuk membantu mengurangi peradangan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply