Tingkatkan Pemahaman Alergi dan Kenali 3 Tanda Anak dengan Alergi Berikut Ini

0

Meningkatkan pemahaman alergi tentu penting dilakukan terutama bagi orangtua yang kebetulan memiliki anak dengan alergi. Alergi memang bisa dialami oleh anak mana saja dan di rentan usia berapa saja tergantung pada karakter tubuhnya. Memberikan yang terbaik kepada si kecil akan membantunya melewati masa pertumbuhan dengan baik. Termasuk jika memiliki alergi sebab ketika buah hati dijauhkan dari allergen maka alergi yang sama tidak akan terulang.

Memahami Tanda Anak Memiliki Alergi

Reaksi alergi memiliki ciri secara spesifik dan beberapa cukup mudah untuk dikenali, namun jangan sekedar berasumsi. Ketika menjumpai keluhan seperti berikut baiknya dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut:

  1. Bayi mudah sekali rewel

Alergi sudah tentu memberikan rasa kurang nyaman bagi tubuh yang mengalaminya, sehingga sering mengeluh. Bayi yang belum bisa mengutarakan perasaanya tentu akan menangis sehingga alergi pada bayi ditandai dengan rewel nya anak. Jika rewel terus tanpa sebab yang jelas baiknya dicek ke dokter untuk memastikan.

2. Kenaikan berat badan yang sedikit

Sebagai orangtua tentu menghendaki buah hatinya menunjukan pertumbuhan yang signifikan sehingga memberikan kesan normal. Pertumbuhan ini ditunjukkan dengan kenaikan berat badan. Pertambahan panjang tubuh, dan pertumbuhan lainnya. ketika berat badan tidak menunjukan perkembangan maka perlu dicek asupan nutrisinya.

Besar kemungkinan mengkonsumsi susu yang memicu alergi, sehingga tidak memberikan nutrisi sesuai kebutuhan tubuhnya. Selain itu bayi juga lebih lemas dan kurang aktif bergerak, jika menjumpai kondisi seperti ini akan lebih aman segera di periksakan.

3. Pencernaan si kecil sering terganggu

Alergi pada bayi juga ditandai dengan gangguan pada sistem pencernaannya, biasanya sering diare. Apabila diare ini berlangsung lebih lama misal sampai tiga hari lebih baiknya mengganti susu formula atau ASI dengan asupan makanan cair lainnya. Supaya lebih memastikan buah hati mengalami alergi atau tidak maka baiknya dibawa ke dokter untuk diperiksa.

Diare yang cukup lama inilah yang menjadi penyebab berat badan si kecil tetap tidak mengalami kenaikan. Konsultasi dengan dokter untuk meningkatkan pemahaman dari berbagai jenis alergi supaya tidak bingung menanganinya.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply