Tips Cerdas Mendidik Anak ala Bill Gates

0
T MauTips.com, Jakarta. Bill Gates telah menjadi ayah tiga orang anak. Menjadi ayah tentu pengalaman yang berbeda bagi suami Melinda Gates ini. Penemu Microsoft Corporation ini masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia versi majalah Forbes tahun 2020.

Bill Gates berhasil meraih kesuksesan dengan kerja keras sejak di usia muda. Di balik kesuksesannya, Bill Gates banyak didukung oleh kedua orang tuanya. Bill Gates banyak menerapkan pola asuh orang tuanya dalam mendidik ketiga anaknya. Selain itu, Bill Gates dan istrinya juga menerapkan pola asuh dari model Love and Logic. Model parenting Love and Logic telah ada sejak tahun 1970. Gagasan utama dari Love and Logic yakni menggunakan kendali emosional. Pada dasarnya orang tua meminimalkan reaksi emosional, seperti berteriak atau menegur anak.

Berikut tips parenting Bill Gates dari gagasan dan pola asuh orang tuanya.

Tidak membatasi kebebasan anak-anaknya
Bill Gates tumbuh sebagai anak yang selalu diberi kebebasan. Namun, Gates kecil dikenal sering menentang orang tuanya. Gates pernah dikirim orang tuanya untuk menemui psikologi. Setelah beberapa kali berkonsultasi, orang tua Gates diminta untuk memberi anaknya kelonggaran dan kebebasan dalam berpikir.

Tahan emosi dan ucapan
Bill Gates dan istrinya percaya bahwa emosi bisa membuat seseorang mengalami kesulitan. Meski begitu, Bill Gates mengakui jika emosi memang sulit dihilangkan.

Berikan pujian apa adanya
Berikanlah pujian pada anak apa adanya, bukan dari apa yang mereka capai. Kagumi anak-anak dari bagaimana mereka berkembang, rasa ingin tahu, dan memecahkan masalah, dibandingkan dari pencapaian tertentu.

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Ikan Cupang Sakit dan Cara Mengobatinya

Tidak diberikan gadget
Bill Gates dikenal tegas dan disiplin pada anak-anaknya. Bill Gates telah menerapkan batasan-batasan saat mereka tumbuh dewasa, Bunda. Ketiga anak Gates baru diizinkan memiliki ponsel setelah berusia 14 tahun. Anak-anaknya juga rutin menghadiri acara gereja bersama orang tuanya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply