Tips Kiat Mendidik Anak Agar Berprestasi

0
T MauTips.com, Jakarta. Tahun-tahun pertama tumbuh kembang anak itu disebut sebagai periode emas. Periode emas anak tidak akan pernah terulang. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua berusaha mengoptimalkan pembentukan kecerdasan anak pada masa tersebut. Pemenuhan gizi yang baik dan stimulasi yang tepat dari lingkungan sangat dibutuhkan.

Tips berikut tentang bagaimana cara agar dapat mendidik buah hati supaya dapat tumbuh menjadi orang-orang yang hebat. Tumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anak. Jangan pernah membunuh rasa percaya diri anak, tetapi bantulah mereka agar memiliki rasa percaya diri yang baik. Mengajarkan kejujuran dan kerendahan hati.

Ajarilah mereka untuk berani bertindak jujur serta rendah hati dalam tingkah laku, perkataan serta perbuatan. Kejujuran dan kerendahan hati adalah asas moral yang setiap orang wajib memiliki. Memberinya pujian kepada anak ketika mereka berhasil menyelesaikan sebuah tugas. Namun hindarilah memberikan pujian secara berlebihan dan yang tanpa alasan.

Memberikan pujian kepada seorang anak dapat membuat mereka merasa dihargai dan tidak disepelekan. Melatihnya keterampilan, apakah itu keterampilan dalam memainkan alat musik, tarian, olahraga, dan sebagainya. Tidak memanjakannya, dapat memberi mereka perhatian atau hadiah, namun sesuaikan dengan situasi serta kondisinya.

Baca Juga: Tips Cara Ampuh Agar Anak Gemar Membaca Buku

Hadiah diberikan kepada anak sebagai apresiasi sebaiknya apabila mereka bisa atau telah berhasil menyelesaikan sesuatu melalui usahanya sendiri. Memberikan pendidikan yang baik, pendidikan di masa sekarang adalah sangat penting. Seseorang akan memiliki nilai jual yang lebih baik apabila memiliki pendidikan yang baik pula. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply