Tips Mengatasi Kesepian di Tengah Keramaian

0
T MauTips.com, Jakarta. Momen kesepian, keterasingan di tengah keramaian sangat mungkin terjadi. Perlu dibedakan antara alone atau sendirian dan lonely atau kesepian. Rasa kesepian tidak selalu berkaitan dengan kondisi fisik bahwa seseorang sedang sendirian. Kalau lonely itu penghayatan subjektif bahwa kita merasa sepi, sendiri.

Orang sendirian tidak selalu lonely, tapi orang yang di tengah keramaian bisa lonely karena penghayatan subjektif. Sedangkan kesepian di tengah keramaian ini perlu dilihat kasus per kasus. Perlu dicari tahu alasan kesepian di tengah keramaian ini misal bisa saja seseorang merasa stres, sedih, tertekan, banyak pikiran. Walau ada di keramaian, tidak bisa menikmati hal itu. Misal lagi banyak masalah sehingga tidak bisa merasakan kebahagiaan, kenyamanan dengan teman. Masa pandemi Covid-19 telah berdampak ke banyak hal, termasuk merasa kesepian. Pasalnya, pandemi ini membuat orang harus membatasi interaksi secara langsung dan berkegiatan secara bebas demi mencegah penyebaran virus. Kesepian adalah epidemi. Kita adalah masyarakat yang paling terhubung secara sosial, tapi begitu banyak orang yang mengalami kesepian yang ekstrem. Merasa kesepian adalah pengalaman tidak menyenangkan yang juga memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang. Hal itu bisa berdampak buruk pada kesehatan. Merasa sendirian termasuk dalam kategori merokok, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik dalam hal pengaruh terhadap kesehatan Anda.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi kesepian.

1. Menjadi lebih sadar akan perasaan Anda
Memang wajar untuk sesekali merasa kesepian, tetapi jika Anda menyadari bahwa Anda lebih sering merasa kesepian daripada tidak, inilah saatnya untuk mengambil tindakan.

2. Pahami dampak kesehatannya
Banyak orang yang menjaga kesehatan dengan makan dengan baik dan berolahraga tapi mengabaikan aspek penting dari kesehatan, yakni hubungan sosial.

3. Perbesar hubungan sosial
Rencanakan untuk menghabiskan waktu dengan teman daripada mengobrol melalui pesan teks. Bahkan memilih percakapan via telepon ketimbang email dapat membantu Anda merasa lebih terhubung.

4. Lakukan kebaikan kecil untuk orang lain
Saat Anda memberi kepada orang lain, itu juga mengalihkan pikiran Anda dari diri Anda sendiri.

5. Beristirahatlah dari media sosial

6. Fokus pada kualitas, bukan kuantitas
Pergi minum kopi atau sekadar berbincang dengan seorang teman yang memiliki hubungan otentik dengan Anda akan berpengaruh besar untuk memadamkan kesepian Anda daripada memiliki ribuan teman Facebook atau pengikut Instagram.

Baca Juga: Cara Mudah Klaim Asuransi Mobil Kebanjiran

7. Cari konselor profesional
Merasa kesepian terkadang merupakan gejala depresi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply