Tips Merawat dan Memperbanyak Tanaman Hias Janda Bolong

0
T MauTips.com, Jakarta. Janda bolong merupakan keluarga dari tanaman Monstera yang berasal dari Amerika Tengah. Monstera populer berkat lubang-lubang alami pada daunnya dan dijuluki ‘Swiss Cheese Plant’. Lubang-lubang alami ini mirip dengan lubang pada keju Swiss.

Monstera yang dipelihara sebagai tanaman hias terbagi menjadi dua yakni, Monstera deliciosa (M. deliciosa) dan Monstera adansonii (M. adansonii). Janda bolong masih jadi tanaman hias yang sangat diminati belakangan ini. Tanaman yang termasuk dalam golongan Monstera ini memiliki beberapa varian, beberapa variannya pun bisa dijual dengan harga yang mahal yaitu mencapai Rp100 juta per pohonnya. Perawatan Monstera termasuk janda bolong juga termasuk mudah. Ditambahkannya, kunci perawatan tanaman hias ini adalah trimming atau pemangkasan. Triming atau pemangkasan ini sebut-sebut bakal mempercepat perbanyakan tanaman hias janda bolong. Caranya, adalah dengan stek batang. Anda hanya perlu memotong batang dan daun yang sudah memiliki akar kecil. Setelah dipotong, cabang yang berakar dimasukkan ke dalam media air selama seminggu.

Setelah seminggu, pindahkan tanaman ke dalam pot yang berisi campuran sekam bakar, sekam mentah, dan pasir. Biarkan tanaman ini selama dua minggu. Usai memindahkan tanaman ke dalam pot, maka perhatikan penyiramannya. Pemupukan juga harus diperhatikan untuk menanam janda bolong dan varian Monstera lainnya.

Tanaman hias janda bolong jadi fenomena di masa pandemi Covid-19 lantaran harganya yang mencapai Rp100 juta dengan satu lembar daun dipatok Rp15 juta. Walaupun kini harganya mahal, janda bolong merupakan tanaman hias yang mudah dikembangbiakkan. Janda bolong merupakan tanaman hias yang masuk dalam keluarga Monstera dan suku talas-talasan atau Araceae. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Monstera adansonii.

Bentuk daun yang bolong-bolong menjadi daya pikat utama tanaman ini. Karakteristik janda bolong yang merupakan tumbuhan merambat, membuatnya dapat tumbuh dengan mudah. Anda dapat memperbanyak daun janda bolong yang eksotis dengan cara yang mudah.

Baca Juga: Tips Merawat Daya Pikat Si ‘Janda Bolong’

Mengembangbiakkan janda bolong dapat dilakukan dengan cara stek batang. Tanaman jenis Monstera, termasuk janda bolong dapat diperbanyak dengan cara stek batang. Stek batang adalah memotong bagian batang lalu ditanam baru. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply