Tips Mudah Merawat Tanaman Hias Calathea, Dijuluki Tanaman Doa

0
T MauTips.com, Jakarta. Sebagian besar spesies tanaman Calathea hanya memiliki daun hijau cerah berwarna-warni, dengan warna lain, seperti ungu, di bagian bawah daunnya.

Setelah Monstera, Aglonema, dan Caladium, kini giliran Calathea yang naik daun. Seperti tanaman hias lainnya, Calathea juga memiliki bentuk dan warna daun yang cantik untuk menghiasi sudut ruangan hingga pekarangan. Calathea memiliki ciri khas berupa daun yang lebar dengan corak garis-garis dengan perpaduan warna yang indah. Corak pada daun Calathea seolah membentuk lukisan. Tanaman Calathea akan menggerakkan daunnya pada malam hari dan menurunkannya pada siang hari sesuai dengan ritme sirkadian. Gerakan inilah yang dianggap seperti gerakan berdoa. Tak ayal, tanaman ini lantas juga dikenal dengan julukan prayer plant atau tanaman doa.

Berikut cara mudah merawat tanaman hias Calathea.

1. Cahaya tidak langsung
Letakan tanaman hias Calathea pada cahaya tidak langsung dengan intensitas sedang hingga terang. Beberapa bisa menerima cahaya rendah. Namun, jangan letakkan Calathea di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat tanaman ini mengering dan terbakar.

2. Penyiraman 1-2 kali seminggu
Siram Calathea 1-2 kali seminggu dan biarkan tanah mengering di antara penyiraman. Jika Calathea menerima cahaya lebih banyak, siram lebih sering.

3. Kelembapan tinggi
Calathea hidup lebih baik di kelembapan yang tinggi. Buat suhu udara dan juga media tanam Calathea lebih lembap.

4. Suhu udara terbaik
Suhu udara terbaik untuk Calathea adalah 18-30 derajat celcius.

5. Pupuk standar
Calathea tidak membutuhkan banyak pupuk. Cukup berikan pupuk tanaman rumahan standar agar daun semakin banyak.

Baca Juga: Tips Cerdas Mendidik Anak ala Bill Gates

6. Buang daun yang menguning
Jika terdapat daun yang mengering atau berwarna kuning maupun cokelat segera buang bagian tersebut agar tidak menjalar ke daun yang lain. Cara merawat tanaman hias Calathea ini dapat Anda coba di rumah, selain menekuni hobi tanaman hias lain yang sedang tren. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply