Tips Psikolog, Anak Tunggal Sulit Bersosialisasi Saat Pandemi

0
T MauTips.com, Jakarta. Sosialisasi merupakan suatu proses penanaman nilai, kebiasaan didalam lingkungan sekitar. Atau bisa disebut juga dengan proses komunikasi maupun interaksi yang dilakukan oleh seseorang dengan lingkungan sosial maupun lingkungan fisik.

Pada saat ini memberikan pelajaran agar anak mampu bersosialisasi dengan baik itu sangat penting,karena tidak semua anak pandai dalam bersosialisasi, sejatinya karakter seorang anak sangatlah berbeda-beda. Namun sikap sosialisasi pada anak dapat dilihat sejak dini, sehingga jika terlihat anak kurang bersosialisai maka cepatlah lakukan tidakan-tindakan agar anak terlepas dari hal tersebut. Sebagai orang tua, harus mampu mengarahkan dan memberikan pola asuh yang baik dan mengarahkan anak agar mempu berekspresi sesuai dengan karakter yang dimiliki anak. selain itu , orang tua juga harus bisa mengarahkan anak untuk bisa bersosialisasi dengan sekitarnya.

Sebab, sikap bersosialisasi mempunyai banyak manfaat bagi diri seorang anak, diantaranya bisa menjadikan anak tersebut lebih percaya diri, mempunyai banyak teman dan dapat berkembang dengan baik. kurangnya sikap bersosialisasi dapat dipengaruhi oleh pola asuh ataupun lingkungan sekitar. Selama pandemi virus corona, anak mengalami kesulitan bermain dengan teman-temannya.

Namun, bukan berarti mereka tidak dapat bersosialisasi. Anak yang memiliki saudara di rumah bisa berinteraksi dengan kakak atau adiknya di rumah. Tapi bagaimana dengan anak tunggal? Penting untuk tumbuhkan keterampilan sosial lewat proses bermain, maka yang bisa dilakukan orangtua adalah ikut bermain, terutama yang membutuhkan interaksi, misalnya roleplay. Ketika berinteraksi dengan anak, coba untuk munculkan skenario konflik yang bisa terjadi saat buah hati bermain bersama teman-temannya.

Perkenalkan anak dengan konflik seperti berebut mainan, bicara dengan kata-kata yang tak enak didengar atau bermain curang. Lalu, ajak anak berdiskusi mengenai apa yang sebaiknya dilakukan ketika dia berada di situasi tersebut. Bicarakan dengan anak, apa yang bisa dia lakukan ketika menghadapi kondisi tak mengenakkan saat bermain dengan teman-temannya. Lewat cara ini, anak-anak punya gambaran mengenai cara menyelesaikan masalah ketika bermain bersama orang lain.

Baca Juga: Cara Ajak Anak Manfaatkan Teknologi Digital Dengan Benar

Orangtua untuk senantiasa mengajari anak menjaga diri selama pandemi virus corona belum berakhir. Pastikan anak memakai masker secara benar, menutupi hidung dan mulut, di luar rumah. Beritahu anak untuk menjaga jarak dengan orang lain sehingga mereka bisa berusaha menjaga diri ketika diperbolehkan main dengan temannya di luar. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply