Tips Sebelum Mulai Gowes di Kota

0
T MauTips.com, Jakarta. Dengan kondisi seperti saat ini banyak orang yang mulai melirik sepeda sebagai alat transportasi atau hobi baru membuat jalan dipenuhi para pesepeda baru. Hal ini seharusnya membuat Anda lebih waspada karena jalan-jalan utama di kota belum banyak yang memiliki jalur khusus pesepeda. Bersepeda di jalan raya rawan kecelakaan, terutama jika harus berada dalam satu jalur dengan kendaraan bermotor.

Berikut adalah sembilan tips gowes di jalan raya untuk pesepeda baru.

Baca aturan lokal
Setiap negara dan kota memiliki aturan berbeda tentang penggunaan helm, bel, lampu sepeda, dan berbagi jalan dengan kendaraan bermotor, jadi pelajari peraturan dan hukum setempat yang berlaku sebelum memulai perjalanan.

Jangan takut untuk mengambil jalur
Saat mengendarai sepeda di jalan raya, bersikaplah seperti sedang mengendarai mobil. Jangan berpindah jalur seenaknya, tetap perhatikan jarak aman dan memberikan tanda dengan tangan bila ingin berganti jalur. Itu termasuk berhenti di lampu merah dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Ingat ada pandemi dan jaga jarak
Saat bersepeda dalam kelompok, selalu gunakan masker atau bandana sebagai penutup wajah dan membawa pembersih tangan.

Wajib pakai helm dan pelindung diri
Entah itu helm baru, lama, atau pinjaman, jangan bersepeda tanpa memakai helm atau pelindung lutut dan siku jika ingin bersepeda di gunung. Cek juga apakah helm yang kamu kenakan pas dengan menempatkan lebih dari dua jari secara horizontal.

Pergi bersama teman yang berpengalaman untuk membangun kepercayaan diri

Kamu dapat belajar banyak dari seseorang yang lebih berpengalaman dan melihat bagaimana mereka bereaksi terhadap situasi lalu lintas yang berbeda. Setelah kamu mengikuti teman sebentar, cobalah beralih posisi.

Periksa perlengkapan sepeda
Periksa dengan teliti untuk memastikan setiap bagian dari sepeda berfungsi dengan baik. Temukan masalah kecil sebelum menjadi masalah besar yang membuat sepedamu mogok di jalan.

Kunci sepeda
Jangan lupa untuk mengunci sepeda jika harus meninggalkannya di luar. Untuk mencegah agar sepeda tidak dicuri, pilih apa yang benda yang akan kamu kaitkan dengan sepedamu.

Praktekkan keterampilan dan manuver menghindari bahaya
Kamu dapat melatih keterampilan dengan menonton bagaimana pengendara sepeda yang lebih berpengalaman melakukannya di jalan raya.

Baca Juga: Kenali Dulu Berbagai Versi Sepeda Brompton, Jangan Salah Pilih

Tak perlu bersepeda bolak-balik
Kita juga dapat menggabungkan sepeda dengan bentuk transportasi lain seperti kereta atau bus. Hal ini terutama jika kita memakai sepeda lipat karena transportasi umum biasanya selalu penuh. Cobalah untuk bersenang-senang dengannya. Pikirkan semua kerepotan yang harus dialami saat kita membawa mobil atau naik transportasi umum. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply