Alasan Harus Berhenti Pakai Smartphone Sebelum Tidur

0
A MauTips.com, Jakarta. Di jaman yang serba modern ini sepertinya smartphone jadi kebutuhan yang sangat penting dan nyaris tak pernah ditinggalkan bahkan saat akan tidur. Setiap orang membutuhkan tidur yang cukup dan berkualitas agar metabolisme tubuh lancar dan senantiasa sehat. Jika memang ingin meningkatkan kualitas tidur, alangkah baiknya untuk mengurangi penggunaan smartphone saat akan tidur.

Menggunakan smartphone sebelum tidur dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk dan kurang tidur secara keseluruhan. Kurang tidur bisa berakibat buruk terhadap kesehatan dan menyebabkan obesitas, diabetes dan depresi. Tidur adalah saat dimana tubuh dan pikiran beristirahat dan memperoleh energi baru untuk beraktivitas keesokan paginya. Penggunaan smartphone yang mengeluarkan cahaya ini ternyata bisa menghambat produksi hormon melatonin yang dibutuhkan tubuh untuk mengantuk.

Jika produksi ini terganggu maka jam biologis seseorang juga akan rusak. Karenanya sebisa mungkin jangan menggunakan ponsel saat menjelang tidur. Kebiasaan buruk ini dapat mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan tubuh dalam waktu jangka panjang. Otak juga akan kehilangan daya merekam memori karena diakibatkan gangguan tidur.

Baca Juga: Ternyata Kentut Itu Sangat Menyehatkan

Saat tidur terpengaruh, maka kinerja otak dan memori juga terpengaruh. Orang yang kurang tidur, metabolisme tubuh dan aliran darah di otak akan terpengaruh sehingga kerjanya tak maksimal. Melihat layar smartphone dalam kegelapan juga berakibat kurang baik untuk mata. Ini mampu menyebabkan mata jadi tegang dan sakit. Jika dilakukan terlalu lama secara permanen ini mampu merusak mata. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply