Awas Bahaya Konsumsi Gula Berlebih

0
A MauTips.com, Jakarta. Konsumsi gula maksimal sebanyak 4 sendok makan atau 54 gram per orang per hari. Melebihi dari jumlah ini dan terus dilakukan rutin, ada sederet bahaya konsumsi gula berlebih. Namun waspadai bahaya konsumsi gula berlebih.

Berikut bahaya konsumsi gula berlebih.

Obesitas
Konsumsi fruktosa malah meningkatkan rasa lapar dan keinginan untuk mengonsumsi glukosa atau jenis gula utama dari makanan bertepung. Konsumsi fruktosa berlebihan akan mengakibatkan resistensi terhadap leptin. Leptin merupakan hormon yang mengatur rasa lapar dan memberitahu tubuh untuk berhenti makan. Bisa dibayangkan saat Anda terus merasa lapar dan menginginkan makanan dengan glukosa sehingga mengakibatkan berat badan meningkat.

Jerawat
Salah satu bahaya konsumsi gula berlebih adalah jerawat. Ini kerap dianggap persoalan sepele tetapi jerawat yang parah dan muncul di area wajah jelas menurunkan rasa percaya diri dan tidak nyaman.

Meningkatkan risiko penyakit jantung
Bahaya konsumsi gula berlebih juga bisa mengarah pada peningkatan risiko penyakit jantung. Diet tinggi gula akan mengakibatkan obesitas, peradangan, kadar trigliserida tinggi, tekanan darah lalu semua akan bermuara pada penyakit jantung.

Diabetes tipe 2
Ingat gula, ingat diabetes tipe 2. Ini tidak salah sebab salah satu bahaya konsumsi gula berlebih memang risiko diabetes tipe 2. Diet tinggi gula terus-menerus bisa mengakibatkan diabetes tipe 2.

Risiko kanker
Tak hanya diabetes tipe 2 yang patut diwaspadai. Anda pun perlu waspada dengan risiko kanker sebagai bahaya konsumsi gula berlebih. Saat tubuh diberi banyak asupan gula, timbul inflamasi, stres oksidatif dan obesitas. Faktor-faktor ini mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.

Penuaan dini
Penggunaan skincare perlu diimbangi dengan diet yang sehat. Kelebihan konsumsi gula akan mengarah pada pembentukan advanced glycation end products (AGEs) yang berperan dalam diabetes juga pembentukan kolagen di kulit. Jumlah AGE tinggi bisa menimbulkan penuaan lebih cepat.

Baca Juga: Kenali Penyebab Saraf Kejepit, Sering Dilakukan Sehari-hari

Risiko depresi
Bahaya konsumsi gula berlebih juga berakibat pada risiko depresi. Peluang depresi makin tinggi akibat bahaya konsumsi gula berlebih. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply