Awas, Kebanyakan Makan Gorengan Bisa Cepat Tua dan Picu Kanker

0
A MauTips.com, Jakarta. Meski tahu kalau gorengan tidak sehat, sayangnya masih banyak orang yang belum tahu apa yang terjadi pada tubuh ketika mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak seperti goreng-gorengan.

Alasan itulah yang membuat masih banyak orang menyukai gorengan. Bahkan, tak jarang menjadikan gorengan menjadi camilan wajib setiap hari. Padahal, kalau tahu dampak buruknya, pasti banyak orang yang akan menghindarinya. Gorengan sudah menjadi makanan atau camilan sehari-hari bagi kebanyakan orang Indonesia. Cara membuatnya yang praktis dan mudah, serta harganya yang murah dan terjangkau membuat gorengan semakin digemari. Biasanya tempe, tahu, pisang, ataupun singkong dicampur dengan tepung dulu sebelum digoreng. Hasilnya akan kamu dapatkan gorengan yang begitu renyah dan gurih kesukaan orang Indonesia. Banyak orang yang seakan lupa bahwa mengonsumsi gorengan terlalu banyak akan membahayakan kesehatan. Berbagai dampak buruk bagi kesehatan dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi gorengan.

Apalagi gorengan gorengan tersebut biasanya dijual di tepi jalan dan menggunakan minyak yang sama secara berulang-ulang. Tentunya hal ini tidak begitu menyehatkan bagi tubuh. selain cepat tua dan picu kanker, berikut dampak buruk rutin makan gorengan.

Obesitas
Gorengan merupakan makanan yang tinggi lemak dan biasanya juga mengandung kalir yang sangat tinggi. Bila kamu terlalu banyak makan gorengan, maka berat badan kamu pun akan bertambah, dan pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya obesitas.

Diabetes
Makan gorengan juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Hal ini karena penggunaan minyak pada gorengan yang sangat banyak. Jadi terlalu sering makan gorengan dengan minyak yang begitu banyak setiap harinya dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

Penyakit Jantung
Makan gorengan juga memiliki dampak jangka panjang, yaitu terjadinya penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena diawali dengan obesitas yang akhirnya menyebabkan penyakit penyakit lainnya bermunculan. Selain itu, lemak dan kolesterol pada gorengan dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan penyakit lainnya.

Baca Juga: Dampak Politik Terhadap Kepemilikan Asuransi Bisnis

Mengganggu Sistem Pencernaan
Makanan berminyak seperti gorengan mengandung banyak lemak yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Lemak yang terkandung dalam minyak tersebut sulit untuk dicerna oleh lambung, sehingga lambung memerlukan bantuan enzim untuk mencernanya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply