Awas, Penggunaan Masker Jangka Panjang dan Efeknya Bagi Kesehatan

0
A MauTips.com, Jakarta. Saat ini penggunaan masker mau tak mau jadi bagian new normal di tengah pandemi Covid-19 yang belum pasti kapan berakhirnya. Pelindung hidung dan mulut ini digunakan untuk mengerem penyebaran virus corona jenis baru (SARS-CoV-2).

Tapi mulai muncul pertanyaan mengenai dampak bagi kesehatan ketika memakai masker terlalu lama. Dalam sebuah artikel menuliskan efek pemakaian masker yang berkepanjangan, dapat bervariasi dari sakit kepala hingga peningkatan res istensi saluran pernapasan, akumulasi karbondioksida, hipoksemia, hingga komplikasi serius yang mengancam jiwa. Semua itu masuk akal sebab secara teori saat memakai masker maka saluran pernapasan pun sedikit terhambat. Apalagi jika masker yang dikenakan memiliki daya saring yang sangat kuat seperti N95. Dengan begitu tingkat kerapatan masker pun tergolong tinggi. Sakit kepala memang bisa terjadi karena kekurangan oksigen. Jadi, bila laju oksigen di pernapasan kita terganggu, maka peredaran darah kita yang kurang oksigen juga akan mengganggu sistem metabolisme kita yang akhirnya bisa menimbulkan reaksi dalam tubuh. Keluhan lain misalnya dirasakan dokter spesialis paru yang mengalami iritasi di bagian hidung.

Kondisi ini berbeda pada masing-masing petugas kesehatan bergantung sensitivitas kulit. Sementara dokter spesialis penyakit dalam berpendapat dampaknya kecil bagi kesehatan. Dengan catatan penggunanya dalam kondisi normal, sehat dan tanpa riwayat penyakit pernapasan. Hanya saja memang diakui, penggunaan masker N95 dalam waktu yang lama akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Gangguan kesehatan seperti kesulitan bernapas atau reaksi berupa sakit kepala, mungkin saja terjadi pada pengguna masker kain. Mengingat pembuatan masker kain belum terstandarisasi. Berbeda dengan masker bedah yang cenderung sudah didesain sesuai standar, memiliki rongga yang cukup untuk sirkulasi udara tetapi juga punya daya saring yang cukup baik menangkal virus dan bakteri.

Baca Juga: Tips Memastikan Mobil Tetap Sehat saat #ParkirDiRumah

Tapi lagi-lagi, kendala kesehatan itu punya faktor beragam. Bisa jadi, pengguna masker dalam kondisi tubuh yang tidak fit atau memiliki sensitivitas tinggi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply