Banyak Manfaat Air Sari Tebu Perlu Diketahui

0
B MauTips.com, Jakarta. Sari tebu kini menjadi potensi besar yang menjanjikan untuk menjadi minuman khas. Bahkan dalam kemasan kalengan bagi konsumen di daerah bersuhu panas. Rasanya segar sekali saat minum air sari tebu di siang hari yang terik, ditambah dengan es batu dan camilan.

Air tebu adalah hasil perasan batang tanaman tebu yang telah dibersihkan dan dikupas kulitnya lalu digiling dalam mesin khusus. Kemudian ditampung dalam wadah bersih dan bisa langsung dikonsumsi tanpa ditambah dengan air atau gula lagi. Tak hanya nikmat dan segar, air tebu juga aman diminum karena mengandung banyak manfaat. Terdapat kandungan gula alami jenis sukrosa yang terbukti baik dan mampu diserap dengan cepat oleh tubuh.

Selain itu juga beberapa mineral yang dikandungnya dapat memenuhi kebutuhan elektrolit tubuh yang hilang usai beraktifitas. Air sari tebu memiliki zat besi, mangan, potassium, magnesium dan kalsium. Selain itu cairan alaminya mampu menghilangkan dehidrasi dengan cepat.

Glukosa yang dikandung air tebu aman untuk penderita diabetes karena kandungan indeks glikemiknya rendah. Namun tentu konsumsinya harus dibatasi agar tak berlebihan. Ada pula kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan, berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: Bahaya Cara Minum Kopi Bisa Bikin Cepat Meninggal

Studi yang dilakukan menyebut bahwa risiko kanker payudara dan prostat bisa dikurangi dengan konsumsi air tebu. Bahkan ada antibiotik alami yang dikandung air tebu, bermanfaat untuk anti bakteri. Sifat basa pada cairan alaminya juga membantu menenangkan infeksi saluran kencing dan memperbaiki fungsi ginjal. Potassiumnya mencegah infeksi pencernaan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply