Cara Kerja Mekanisme Sakit Batuk Bisa Menyerang Tubuh Manusia

0
C MauTips.com, Jakarta. Flu dan Batuk adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Baik dalam kondisi cuaca yang buruk maupun cerah. Flu dan batuk selain disebabkan oleh cuaca juga disebabkan oleh virus yang ada di sekitar lingkungan kita. Flu dan batuk memanglah sangat mengganggu khususnya jika kita adalah orang yang aktif bekerja. Sebab akan menyerang syaraf dan mengakibatkan perasaan lemas serta kepala sakit.

Batuk adalah refleks fisiologis sebagai mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pernafasan. Batuk bukanlah merupakan suatu penyakit. Namun merupakan gejala adanya gangguan di saluran pernafasan. Namun bila batuk itu berlebihan, maka batuk akan sangat mengganggu aktivitas. Refleks batuk dapat ditimbulkan oleh berbagai sebab.

Diantara adalah adanya infeksi bakteri atau virus, misalnya tuberkulosa, influenza. Adanya faktor alergi, seperti debu, hawa dingin, asap rokok. Mekanisme terjadinya batuk dibagi menjadi 3 fase yaitu Fase Inspirasi, pada fase ini paru-paru memasukkan udara kurang lebih 2,5 liter, oesofagus dan pita suara menutup sehingga udara terjerat dalam paru-paru.

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Sakit Batuk Pada Anak & Orang Dewasa

Fase Kompresi, pada fase ini otot perut berkontraksi sehingga diafragma akan naik dan menekan paru-paru, intercosta internus juga ikut berkontraksi sehingga menyebabkan peningkatan tekanan pada paru-paru sampe 100mm/hg. Fase Ekspirasi, pada fase ini oesofagus dan pita suara terbuka secara spontan dan udara meledak keluar dari paru-paru. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply