Cara Lebih Sehat Sarapanlah dengan Buah

0
Sarapan tidak hanya sekedar makan pada waktu pagi. Harus diperhatikan juga makanan yang dimakan agar menjadi sarapan sehat. Sarapan yang sehat yaitu yang memenuhi gizi seimbang. Sarapan dianggap banyak ahli sebagai waktu makan paling penting dalam sehari. Tetapi kebiasaan yang kita lakukan tanpa sadar bisa membuat sarapan menjadi tidak sehat.

Menurut sebuah penelitian terbaru, seseorang yang paling sering mengkonsumsi menu sarapan yang bervariasi jumlah kalorinya akan mengalami kemungkinan hingga 90 persen untuk memiliki pinggang yang besar. Pinggang yang lebar bukan hanya mengganggu penampilan tapi juga menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Sarapan tinggi protein juga dapat menurunkan kadar ghrelin, hormon pemicu rasa lapar. Sarapan dengan gizi seimbang dapat meningkatkan stamina untuk digunakan beraktifitas dan kinerjapun akan lebih baik.

Kebiasaan sarapan sudah harus dilakukan sejak bayi dan penting bagi anak-anak. Membiasakan sarapan termasuk dalam 10 pesan gizi seimbang. Sarapan yang sehat adalah makan dan minum yang memenuhi seperempat kebutuhan gizi harian. Padatnya kesibukan, membuat banyak orang mengabaikan pentingnya sarapan. Padahal, sarapan diperlukan sebagai persiapan energi dan otak untuk beraktifitas.

Cara Lebih Sehat Sarapanlah dengan Buah

Bahkan disarankan mengonsumsi sarapan dengan asupan lengkap, termasuk melengkapinya dengan buah-buahan. Umumnya makanan terakhir sebelum sarapan adalah makan malam, yang dikonsumsi sekitar 11 jam sebelum sarapan. Sayangnya, cadangan energi yang dapat cepat diubah hanya bertahan sekitar 10 jam. Ini berarti jika melewatkan sarapan tubuh akan kekurangan energi. Sarapan sebaiknya tidak hanya sekedar kenyang. Tapi juga dengan mengkonsumsi menu lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur, cairan, vitamin dan mineral, serta buah-buahan. Ini penting, agar energi yang diperlukan tubuh terpenuhi. Konsumsi buah secara rutin setiap hari sangat baik, apalagi bagi mereka yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

Cara Lebih Sehat Sarapanlah dengan Buah

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan anti oksidan. Selain tubuh lebih sehat, konsumsi buah dan sayur juga membuat kulit sehat dan awet muda, karena kandungan anti oksidannya. Tidak ada aturan khusus dalam mengonsumsi buah, terpenting disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk anak-anak yang sedang dalam masa sulit makan, sebaiknya konsumsi makanan besar dulu baru ditutup dengan buah.

Baca Juga: Cara Menjaga Stamina dan Produktivitas Saat Berpuasa

Namun bagi yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, lebih baik konsumsi buah dulu, baru dilanjut dengan makan besar. Pasalnya buah akan mengenyangkan, sehingga akan terhindar mengonsumsi makan besar dalam jumlah banyak.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply