Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Berbuka Puasa

0
Dunia hiburan tanah air sebelumnya dikejutkan dengan meninggalnya aktor senior Didi Widiatmoko atau akrab disapa Didi Petet karena diduga menderita komplikasi penyakit lambung. Menurut keluarga, Didi Petet memang sempat mengeluhkan asam lambungnya tinggi. Penyakit asam lambung memang tak bisa dianggap sepele.

Ketika asam lambung tinggi atau dikenal dengan gastro esophageal reflux disesase (GERD) dapat menyebabkan komplikasi penyakit serius. Ada dua gejala utama terjadinya GERD, yaitu nyeri dada dan rasa panas di dada seperti terbakar. Biasanya mulut juga terasa pahit karena ada asam yang naik.

Asam lambung atau isi lambung yang naik dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan. Jika terjadi dalam jangka panjang, daerah luka bisa menjadi luas dan bisa menyebabkan penyempitan pada kerongkongan bawah.

Asam lambung yang tinggi juga dapat menyebar ke gigi, tenggorokan, menyebabkan sinus, dan pita suara menjadi serak. Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya GERD. Di antaranya, obesitas, kebiasaan konsumsi cokelat dan keju, merokok, konsumsi alkohol, hingga kebiasaan langsung tidur setelah makan.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Berbuka Puasa

Gejala utamanya adalah rasa panas dan rasa terbakar di dada dan salah satu pemicunya adalah kebiasaan yang tidak sehat, seperti langsung tidur setelah baru saja makan. Kebiasaan lain yang perlu dihindari adalah konsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat. Bagi pasien GERD makanan lain yang perlu dihindari, yaitu cokelat dan keju. Banyak minum kopi, alkohol atau minuman bersoda, serta merokok juga dapat memperburuk timbulnya GERD. Kelebihan berat badan menimbulkan tekanan tambahan di perut dan diafragma. Jika diabaikan GERD bisa memunculkan komplikasi serius ketika asam lambung naik ke kerongkongan, rongga hidung, hingga paru-paru.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Berbuka Puasa

Meski sudah menahan lapar seharian namun saat berbuka puasa jangan terburu-buru melahap banyak makanan yang sudah tersedia di meja. Bagi orang yang memiliki masalah pada lambungnya, hal itu dapat memicu naiknya asam lambung seperti GERD. Perhatikan pula asupan makanan saat berbuka maupun sahur. Jika memiliki masalah asam lambung, sebaiknya hindari makanan yang digoreng, cokelat, makanan tinggi lemak, juga mi instan. Tak terkecuali minuman yang dapat merangsang reaksi lambung.

Baca Juga: Dampak Negatif Akibat Bercerai Dalam Perkawinan

Selain itu, berikan jeda sekitar dua jam antara waktu makan dan tidur malam. Tidak ada halangan berpuasa bagi umat muslim yang memiliki masalah pada lambungnya. Beberapa kasus masalah pada lambung bisa diatasi dengan obat sehingga tetap bisa menjalankan ibadah puasa.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply