Cara Mengatasi dan Penyebab Bibir Pecah-pecah

0
C MauTips.com, Jakarta. Gejala bibir pecah-pecah tentu akan terasa menyiksa dan mengganggu penampilan. Oleh karenanya, ketahui cara merawat dan mengatasi bibir pecah-pecah agar kondisinya tak memburuk hingga iritasi. Bibir pecah-pecah adalah kondisi yang umum terjadi ketika bibir sangat kering. Gejala bibir pecah-pecah antara lain permukaan bibir yang terasa kering, mengelupas, permukaan kasar bersisik. Bahkan bagi sebagian orang akan mengalami iritasi seperti luka, berdarah.

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah
Bibir tidak mengandung kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya, sehingga akan lebih rentan kering dan pecah-pecah. Kurangnya kelembapan dapat memperburuk kondisi bibir, entah itu karena cuaca terlalu dingin atau terlalu panas dan kurangnya perawatan. Selain itu, penyebab umum yang dapat memperparah kondisinya adalah kebiasaan menjilat bibir. Air liur dari lidah memang membasahi sementara, namun justru dapat menghilangkan kelembapan alami bibir yang bisa memicu bibir kering. Berikut yang bisa dilakukan untuk merawat dan mengatasi bibir pecah-pecah yang bisa dilakukan di rumah agar bibir menjadi sehat kembali.

1. Minum banyak air
Selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum tubuh dehidrasi. Pastikan mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari. Dengan demikian, Anda akan terhindar gejala dehidrasi sekaligus bibir pecah-pecah.

2. Mengatasi bibir pecah-pecah dengan mengoleskan pelembap
Cara paling cepat mengatasi bibir pecah-pecah adalah mengaplikasikan pelembap bibir. Sebaiknya pelembap bibir yang dipilih mengandung bahan-bahan alami seperti kelapa dan minyak almond, vitamin E, dan antioksidan yang berfungsi menjaga kelembaban bibir.

3. Lidah buaya
Lidah buaya dikenal memiliki sifat anti-inflamasi alami yang membantu menenangkan dan menghilangkan sensasi menyengat. Lidah buaya juga membantu dalam melembapkan dan menjaga kulit tetap lembut.

4. Lemon
Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam lemon sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk merawat bibir. Ini karena lemon bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada bibir yang pecah-pecah.

5. Madu
Madu dapat menyeimbangkan kelembapan bibir sehingga tidak mudah kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan madu ke bibir yang kering. Bisa juga dikombinasikan dengan lemon untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Teh hijau
Gunakan daun teh hijau yang telah direndam sebelumnya sebagai masker bibir untuk mengurangi sensasi terbakar yang rentan terjadi karena bibir pecah-pecah.

7. Minyak
Hampir semua jenis minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak jarak dapat dimanfaatkan sebagai pelembap bibir dan kulit.

8. Jauhkan bibir dari bahan berkandungan keras
Selain itu, jauhkan bibir dari tisu pembersih beralkohol yang bisa menyebabkan bibir semakin kering dan pecah-pecah. Untuk membersihkan area bibir dan bekas lipstik, Anda bisa menggunakan mengoleskan pelembap atau minyak kemudian lap dengan tisu kering.

Baca Juga: Tips Mengoleskan Perasan Lemon ke Kulit untuk Atasi Jerawat

9. Scrub bibir
Tidak peduli seberapa gatalnya tanganmu ingin mengelupasnya, jangan paksa bagian kering dan pecah-pecah dicabut menggunakan jari atau kuku. Mengelupas bibir kering hanya akan meninggalkan luka yang membuatnya perih dan iritasi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply