Cara Menyembuhkan & Mengobati Benjolan Kecil di Leher Rahang Bawah Mulut Tidak Berbahaya

0
C Mautips.com, Jakarta. Kelenjar getah bening yang membengkak merupakan penyebab paling umum dari benjolan di leher. Kelenjar getah bening berisi sel-sel yang membantu tubuh melawan infeksi dan memberantas sel-sel ganas (bersifat kanker). Saat, kelenjar getah bening menjadi besar untuk membantu melawan infeksi. Penyebab dari pembengkakan kelenjar getah bening antara lain infeksi telinga.

Infeksi sinus, tonsilitis, radang tenggorokan, infeksi gigi dan infeksi bakteri di kulit kepala. Selain itu ada beragam penyebab lain dari benjolan di leher. Penyakit autoimun, kanker, dan kelainan kelenjar tiroid menyebabkan pembengkakan sebagian atau semua kelenjar tiroid. Infeksi virus misalnya penyakit gondok menyebabkan pembengkakan kelenjar ludah. Cedera atau tortikolis menyebabkan benjolan di otot leher.

Kanker, kebanyakan penyebab benjolan di leher bukanlah kanker. Namun tetap ada kemungkinan kanker yang jadi penyebabnya. Untuk dewasa kemungkinan benjolan tersebut bersifat kanker meningkat setelah melewati usia 50. Metode perawatan benjolan di leher bergantung pada penyebabnya. Benjolan yang disebabkan oleh infeksi bakteri biasanya akan diberi resep antibiotik oleh dokter.

Baca Juga: Penyebab Benjolan Kecil Muncul di Bawah Rahang Mulut Bisa Berbahaya

Sedangkan benjolan yang disebabkan kanker biasanya akan ditangani dengan operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi. Deteksi dini merupakan kunci dari kesuksesan pengobatan benjolan di leher. Kebanyakan kanker di bagian leher bisa disembuhkan hanya dengan sedikit efek samping apabila bisa ditangani sejak dini. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply