Cara Terbaik Konsumsi Buah dan Sayur Bagi Tubuh

0
Konsumsi buah serta sayur itu baik bagi tubuh, selain menyumbang vitamin serta antioksidan yang diperlukan untuk menghalau radikal bebas dalam tubuh. Kandungan seratnya juga dapat membantu pencernaan. Namun ada kemungkinan kalau proses pengolahan buah dan sayur yang dilakukan sebelum dikonsumsi bisa membuat manfaatnya berkurang.

Sebenarnya tidak hanya buah dan sayur saja, sejumlah makanan lain pun bisa diproses atau disiapkan dengan cara keliru sehingga efek sehatnya dapat menurun. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui saat menyiapkan maupun mengonsumsi makanan, agar manfaatnya tidak banyak berkurang.

Konsumsi teh sebaiknya memang tidak memakai gula. Kalau menambahkan susu studi menunjukkan bahwa ketika menambahkan susu ke dalam teh hitam, antioksidan yang terkandung di dalam teh tidak akan terpengaruh.

Hanya saja manfaat kardiovaskuler yang diharapkan bisa terpengaruh. Protein pada susu, dapat mengikat katekin teh, komponen flavonoid dan antioksidan pelawan penyakit. Sehingga membuat komponen bermanfaat tersebut lebih sulit diserap oleh tubuh. Brokoli dipadati dengan vitamin C, klorofil, antioksidan, dan komponen antikarsinogenik.

Cara Terbaik Konsumsi Buah dan Sayur Bagi Tubuh

Kalau terbiasa merebus sayuran kelompok krusifera ini ada baiknya mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Untuk mendapat manfaat kesehatan dari brokoli, mengukus menjadi metode memasak terbaik. Sementara merebus dan menumis akan membuat banyak nutrisi penting dalam brokoli hilang. Kalau terbiasa memotong stroberi sebelum disantap, ada baiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Memotong akan memaparkan lebih banyak sel terhadap elemen yang membuat nutrisinya menjadi jelek. Tambahan lagi vitamin C yang terdapat pada stroberi sensitif terhadap cahaya dan oksigen. Tak seperti vitamin C allicin, komponen pelawan kanker yang ada pada bawang putih, bermanfaat ketika terpapar udara. Karenanya direkomendasikan untuk membiarkan bawang putih yang sudah dipotong selama 10 menit sebelum mencampurkan ke dalam makanan agar komponennya benar-benar sudah aktif.

Cara Terbaik Konsumsi Buah dan Sayur Bagi Tubuh

Jangan segera dibuang bagian atas dari yoghurt ketika akan menyantapnya. Karena bagian tersebut adalah whey yang mengandung protein serta vitamin B12 dan mineral kalsium dan fosfor. Jadi daripada membuangnya, aduk dengan cepat yoghurt tersebut sebelum disantap guna mempertahankan manfaat sehatnya. Selain itu sebaiknya tidak memasak makanan dengan yoghurt.

Baca Juga: Cara Terbaik Menjadi Panutan untuk Anak-Anak

Kultur hidup dan aktif tidak tahan dengan panas serta akan rusak dalam proses pemasakan. Jika ingin mendapat likopen, fitokimia yang menjadi bahan pelawan kanker dan penyakit jantung, disarankan untuk memasaknya terlebih dulu. Kandungan antioksidan tomat meningkat ketika dipanaskan hingga sekitar 87,8 derajat Celcius.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply