Cara Termudah Mendapatkan Sumber Serat Setiap Hari

0
C MauTips.com, Jakarta. Makanan cepat saji atau junk food, tidak baik untuk kesehatan, karena dapat memicu obesitas, kolesterol, dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Untuk menjaga kesehatan setiap orang perlu menjalani pola hidup sehat. Seperti rutin berolahraga, menjaga pola pikir sehat, serta mengonsumsi makanan sehat. Banyak alasan orang tak menyantap sayur dan buah.

Salah satunya, karena repot tidak sempat memotong buah untuk dikonsumsi. Padahal buah dan sayur merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh setiap hari agar kesehatan terjaga. Serat dapat mengikat lemak, gula dan kolesterol yang terkandung pada makanan dan membuangnya bersama kotoran. Oleh karena itu, secara tidak langsung serat dapat menjaga kadar gula darah sehingga baik untuk pembuluh darah.

Dan dapat menghambat penyerapan lemak sehingga tidak terjadi hipokolesterol, hal ini baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi makanan yang mangandung serat tinggi juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar sehingga dapat membantu menjaga berat badan ideal.

Baca Juga: Tips Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat Mengenai Pasangan Dengan Ortu

Dengan mengombinasikan pola makan dengan makanan berserat maka bentuk tubuh dapat terus terjaga. Selain itu, serat bekerja sebagai prebiotik yang baik untuk perkembangan probiotik (bakteri baik) dalam pencernaan. Dengan adanya asupan serat secara terus menerus akan membuat keseimbangan mikrosistem pencernaan terjaga sehingga seluruh bagian dapat berfungsi baik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply