Daftar Makanan Tinggi Vitamin D Ini Bisa Bikin Imunitas Makin Kuat

0
D MauTips.com, Jakarta. Salah satu dari vitamin yang paling dibutuhkan adalah vitamin D. Vitamin D memiliki peran untuk menguatkan tulang, menguatkan imunitas, serta mengendalikan fungsi normal hormon. Vitamin D alami banyak terkandung pada sinar matahari.

Asupan vitamin D sangat dibutuhkan tubuh untuk menguatkan imunitas. Makanan ini direkomendasikan guna memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Mencukupi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral harian sangat direkomendasikan pada saat pandemi. Vitamin, nutrisi dan mineral ini dibutuhkan guna membantu tubuh memproduksi imun untuk mencegah serangan virus Covid-19 yang mungkin masuk ke dalam tubuh. Tetapi vitamin D juga ada yang dibuat dalam bentuk suplemen berbagai dosis yang bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini daftar makanan tinggi vitamin D menurut.

Jamur
Bukan hanya punya rasa umami dan kandungan antioksidan yang kuat, jamur juga diakui sebagai sumber makanan nabati yang penuh dengan vitamin D. Jamur bahkan sangat direkomendasikan untuk para pelaku vegan sebagai sumber asupan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Jamur juga sangat disarankan untuk ditambahkan dalam menu sarapan, makan siang hingga makan malam agar makanan yang disajikan lebih bernutrisi.

Telur
Telur menjadi makanan murah dengan sumber kualitas protein yang begitu tinggi. Telur yang ditambahkan dalam setiap menu makanan atau dinikmati saat sarapan diakui dapat menambahkan gizi dan nutrisi dalam makanan.

Salmon
Manfaat kesehatan dari ikan salmon ini begitu tinggi dan sangat disarankan oleh ahli. Konsumsi sumber vitamin D ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan sistem imun untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan gangguan pencernaan. Salmon juga termasuk jenis ikan yang sangat mudah untuk diolah bahkan jika hanya dimasak dengan menggunakan teflon sekali pun.

Sarden
Ikan yang mudah didapatkan dan seringkali dibanderol dengan harga murah ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat kaya dan baik untuk kesehatan jantung. Ikan sarden yang tinggi akan asam lemak dan vitamin lainnya juga terbukti memiliki kadar merkuri yang rendah sehingga aman untuk kesehatan.

Hati Sapi
Hati hewan sangat kaya akan nutrisi dan dikatakan sebagai bagian tubuh hewan yang bisa dimakan dengan nutrisi terpadat di dunia. Terutama pada hati sapi, kandungan vitamin D-nya sangat cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh.

Susu dan Sereal
Kombinasi susu dan sereal menjadi menu sarapan yang padat nutrisi. Susu fortifikasi atau yang telah ditambahkan banyak nutrisi penting di dalamnya menjadi jenis susu yang sangat disarankan untuk dicampurkan dengan sereal.

Baca Juga: Awas! Kebiasaan Makan Ini Bisa Melemahkan Imunitas Tubuh

Jus Jeruk
Jus jeruk bisa menjadi alternatif untuk penderita intoleran laktosa. Tidak bisa mengonsumsi susu sapi, penderita intoleran laktosa dapat mengonsumsi jus jeruk sebagai penggantinya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply