Faktor Penyebab Unik Kanker Nasofaring Seperti Aktor Kim Woo Bin

0
F MauTips.com, Jakarta. Penyakit kanker muncul karena ada sekumpulan sel dalam tubuh yang bermutasi. Pemicunya rata-rata sama seperti pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak sehat selama bertahun-tahun. Tetapi kanker nasofaring bisa jadi perkecualian karena kanker ini memiliki faktor risiko yang terbilang unik. Berikut beberapa fakta unik tentang kanker nasofaring.

Rokok dan alkohol
Kedua faktor risiko ini sebenarnya tidak unik-unik amat untuk penyakit kanker. Namun di Korea, penduduknya sudah mengenal rokok dan alkohol sejak kecil, bahkan menjadi bagian dari kultur mereka.

Asap dupa
Kanker nasofaring dapat dipicu oleh paparan asap dari dupa dan sirkulasi asap dapur yang buruk. Tak heran, meski pria lebih berisiko, namun wanita juga bisa terkena kanker nasofaring, utamanya yang tinggal di pedesaan dan masih menggunakan bahan bakar kayu untuk memasak. Mereka yang bekerja di bidang keagamaan dan sering terpapar asap dupa atau kemenyan juga memiliki risiko serupa.

Ikan asin
Makanan yang diduga bisa mempengaruhi atau memicu kanker nasofaring adalah makanan yang diawetkan seperti ikan asin, difermentasi, diasapi dan dibakar karena mengandung senyawa nitrosamin yang merupakan karsinogenik (senyawa penyebab kanker). Pada ikan asin, zat nitrosamin dihasilkan karena dalam proses pengasinan dan penjemurannya, sinar matahari bereaksi dengan nitrit pada daging ikan sehingga membentuk senyawa nitrosamin.

Baca Juga: Efek Buruk Cuci Muka Pakai Sabun Mandi

Seks oral
Kanker nasofaring juga dapat dipicu oleh kebiasaan seks oral. Ini karena saat seks oral dilakukan juga terjadi penularan human papillomavirus (HPV) pada pelakunya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply