Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit

0
G MauTips.com, Jakarta. Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit ini dapat mengurangi lemak perut dengan lebih cepat. Perut buncit dan kendur selain mengganggu penampilan, tapi juga tak baik untuk kesehatan. Lemak perut atau disebut sebagai lemak visceral merupakan faktor risiko utama penyebab diabetes tipe 2, sakit jantung, gangguan metabolik, dan penyakit serius lainnya. Untuk mengatasinya, ada cara mengecilkan perut buncit dengan melakukan gerakan olahraga yang memusatkan pada bagian perut.

Keuntungan lainnya, gerakan olahraga berikut tak memerlukan peralatan khusus dan dapat dipraktikkan sendiri di rumah.

1. Burpees
Burpees diklaim dapat mempercepat pembakaran lemak perut daripada gerakan olahraga lainnya jika dilakukan secara teratur. Selain membakar lemak, gerakan burpees membantu membangun otot yang kuat dan meningkatkan metabolisme sepanjang hari. Melakukan gerakan burpees 10 repetisi sama efektifnya dalam meningkatkan metabolisme seperti lari cepat selama 30 detik.

2. Plank
Plank efektif mengecilkan perut buncit lantaran melibatkan banyak otot sekaligus membakar lemak di area perut. Rutin melakukan plank juga bermanfaat memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit punggung, membuat badan lebih lentur, serta perut jadi lebih kencang.

3. Russian twist
Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah Russian twist. Gerakan ini juga bermanfaat memperbaiki postur mulai dari bahu hingga punggung bawah. Kendati gerakannya tampak sederhana, namun Russian twist dapat membuat otot yang terlibat berkontraksi dan membuat perut lebih kencang.

4. Mountain climbers
Mountain climbers merupakan gerakan olahraga yang sempurna untuk mengecilkan perut buncit dan membuatnya rata, terutama perut bagian bawah.

5. Lying leg raises
Gerakan mengangkat kaki ini dapat melatih otot paha serta perut depan dan samping sehingga membuatnya lebih kencang.

6. Sit up
Sit up merupakan jenis latihan olahraga dasar yang berfokus pada perut dan melibatkan lebih banyak otot di bagian inti. Manfaat lainnya yang didapatkan dari sit up adalah meningkatnya kesehatan pernapasan perut.

Baca Juga: Tips Menghubungi Dosen Dengan Sopan

7. Crunches
Crunches merupakan latihan yang memusatkan area inti dan perut. Posisi tubuh mirip seperti postur sit up. Akan tetapi, berbeda dengan sit-up yang mengharuskan dada maju mendekati lutut, crunches hanya membuat tubuh sedikit terangkat dari lantai. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply