Hal Yang Perlu Diketahui Orang Tua Tentang Vaksin MR

0
H MauTips.com, Jakarta. Penyakit campak dan rubella atau CRS (Congenital Rubella Syndrome) adalah suatu inveksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Meskipun campak dan rubella tidak terlalu berbeda, keduanya mudah menular dengan hanya bersin atau batuk melalui udara sehingga membuat penyakit ini tergolong penyakit yang mudah menular.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menghilangkan penularan dan populasi virus campak dan rubella di tahun 2020 dan hanya dengan imunisasi rutin saja tidak akan cukup untuk menghilangkan Indonesia sehingga diperlukan gebrakan kegiatan vaksinasi tambahan berskala nasional. Teknis vaksinasi, untuk teknis pelaksanaan pemberian vaksinasi imunisasi akan diberikan dengan cara suntikan pada pangkal lengan.

Untuk sosialisasinya kegiatan sudah dilakukan berbagai tingkatan baik pada Internal dinas kesehatan serta pada puskesmas juga mendapatkan sosialisasi. Berkaitan dengan dampak imunisasi dan Kampanye Imunisasi MR ini harapannya akan terbentuk kekebalan masyarakat secara komunitas, sehingga mengurangi angka penderita CSR.

Untuk masalah kejadian pasca Imunisasi terhadap Penerima Vaksin sudah siap ditangani oleh tim Vaksinasi yang ada, meskpun hal tersebut jarang terjadi. Pemerintah berharap agar masyarakat dapat bekerja sama untuk mensukseskan Kampanye Vaksinasi ini agar lancar. Kementerian Kesehatan didukung berbagai lembaga bakal melangsungkan kampanye imunisasi MR selama bulan Agustus-September 2017 di seluruh Pulau Jawa.

Baca Juga: Manfaat Keutamaan Konsumsi Buah Dalam Kondisi Perut Kosong

Dan bulan Agustus-September 2018 untuk wilayah luar Pulau Jawa (Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua). Di bulan Agustus nanti, imunisasi MR akan dikasih ke anak usia sekolah di sekolah-sekolah PAUD, TK, SD/MI/sederajat dan SMP/MTS/sederajat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply