Kebiasaan Buruk Yang Bikin Tubuh Gampang Sakit

0
K MauTips.com, Jakarta. Banyak kebiasaan jika di luar kendali dapat merusak tubuh atau jadi lebih gampang sakit. Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun terkadang, setelah ragam upaya terbaik dilakukan ada kalanya tubuh tak bisa menghalau penyakit. Penyebab tubuh rentan sakit bisa karena berbagai hal. Beberapa di antaranya karena sejumlah kebiasaan seperti kurang sinar matahari, kurang tidur, serta tak mengatasi stres dengan baik.

Berikut penjelasan lebih lanjut soal kebiasaan-kebiasaan yang bikin tubuh gampang sakit.

Kurang asupan vitamin D
Vitamin D memainkan peran penting dalam banyak fungsi penting dalam tubuh. Kurang vitamin D dapat meningkatkan risiko depresi, sistem daya tahan tubuh yang melemah, dan penyakit lainnya.

Terlalu stres
Stres dilaporkan dapat menjadi penyebab kesehatan tubuh menurun. Ini semua merangsang kelenjar adrenal Anda untuk melepaskan hormon untuk mencoba memerangi stres tetapi sementara itu menyebabkan lebih banyak peradangan, penambahan berat badan, kehilangan otot dan gangguan fungsi kekebalan tubuh.

Tidak cukup gerak
Mengajak tubuh bergerak dapat dilakukan dengan cara apa pun, bahkan sekadar naik turun tangga rumah yang meningkatkan detak jantung Anda. Sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita yang aktif memiliki tingkat mikroba yang meningkatkan kesehatan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak banyak bergerak.

Terlalu banyak asupan manis
Makanan manis memang enak dinikmati, tapi di sisi lain itu juga bisa berbahaya dalam beberapa hal. Terlalu banyak asupan gula menyebabkan kulit terlihat kusam, kembung, dan berkontribusi pada penambahan berat badan dan kecemasan serta mikroba usus yang buruk.

Kebiasaan tidur yang buruk
Usahakan untuk tidak menggunakan smartphone, TV, laptop, dll setidaknya satu jam sebelum tidur. Ada beberapa alasan untuk ini, tetapi salah satu yang utama yang sedang dipelajari sekarang adalah cahaya biru yang dipancarkan dari layar TV, komputer, dan smartphone di malam hari membuat kita tidak bisa tidur dengan normal.

Baca Juga: Daftar Penyakit Paling Mematikan di Dunia, Menurut WHO

Kurang minum air putih
Sebagian besar tubuh manusia terbuat dari air, dan sel-sel dalam tubuh membutuhkannya untuk berfungsi. Tanpa asupan air yang cukup dan terlalu banyak kehilangan air dan mineral, penelitian menunjukkan penurunan kinerja kognitif dan berdampak pada keterampilan psikomotor dan memori. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply