Kenali dan Perhatikan, Ini Penyebab Siklus Haid Kacau

0
K MauTips.com, Jakarta. Kondisi tertekan dan stres mengakibatkan terganggunya hormon esterogen dan progesteron dalam tubuh yang selanjutnya menyebabkan haid tidak lancar. Jika kamu sedang tertekan atau stres, siklus haidmu bisa jadi tidak lancar. Solusinya sederhana meski tidak selalu mudah, kamu perlu beristirahat dengan cukup dan berusaha meningkatkan mood.

Diet Berlebihan
Melakukan diet untuk mendapatkan tubuh ideal sama sekali tidak salah, namun hati-hati jangan sampai berlebihan. Melakukan diet ketat tanpa memperhatikan kecukupan nutrisi hanya akan membuat masalah pada tubuh, salah satunya haid tidak lancar. Diet berlebihan berpengaruh pada metabolisme tubuh yang kemudian berdampak pada siklus haid. Jadi, penting bagimu untuk melakukan diet denagn tetap memperhatikan kesehatan tubuh dan pola hidup seimbang. Berat Badan Turun Drastis

Berat Badan Turun Drastis
Ada banyak faktor yang menyebabkan berat badanmu turun drastis. Apapun alasannya, kondisi ini juga bisa berpengaruh pada siklus haid yang kacau. Pertama-tama, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab pasti dari menurunnya berat badanmu secara drastis. Hal ini bisa saja karena kurangnya nafsu makan, stres, alergi makanan, dan berbagai kondisi lainnya.

Jika kamu sudah mengetahui penyebab pastinya, barulah kamu bisa mencari solusinya. Paling sederhana, kamu perlu lebih memperhatikan kebutuhan zat dan nutrisi pada tubuh. Jika kamu memiliki tubuh yang sehat, siklus haidmu juga akan lebih teratur.

Olahraga Terlalu Keras
Olahraga penting dan baik untuk dilakukan, namun tidak jika dilakukan berlebihan. Kamu perlu menahan diri untuk tidak berolahraga terlalu keras. Melakukan olahraga terlalu keras memberikan tekanan bagi tubuh dan menguras banyak energi. Jika tidak dikontrol, kondisi ini bisa berpengaruh pada hormon dan siklus menstruasi.Setiap orang punya kemampuan fisik yang berbeda.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Meskipun kamu merasa tidak masalah melakukan olahraga dengan intensitas tertentu, kamu tetap harus lebih perhatian terhadap tubuhmu dan pastikan untuk beristirahat cukup dan konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply