Kenali Jenis Migrain dan Penyebab Gejala yang Dialami

0
K MauTips.com, Jakarta. Ada banyak jenis migrain yang dapat menyebabkan berbagai gejala berbeda. Jika Anda sering mengalami serangan migrain, temui dokter Anda untuk mengetahui jenis migrain yang Anda alami dan cara terbaik untuk meredakan gejala Anda. Migrain merupakan adalah kondisi neurologis yang bisa jauh lebih buruk daripada sakit kepala yang parah. Ada banyak jenis migrain dan masing-masing dapat menyebabkan gejala yang berbeda. Anda mungkin mengalami pusing, perubahan penglihatan, otot lemah, atau sakit perut, tergantung pada jenis migrain yang Anda alami. Beberapa jenis migrain bahkan tidak menyebabkan sakit kepala.

Berikut beberapa jenis migrain dan cara mengetahui jenis migrain yang Anda alami.

Migrain dengan aura
Saat Anda memiliki aura, Anda mungkin melihat kilatan cahaya atau garis berwarna cerah di seluruh penglihatan Anda, atau Anda mungkin merasakan sensasi seperti kesemutan di tubuh Anda.

Migrain tanpa aura
Jika Anda mengalami migrain tanpa aura, Anda memiliki gejala migrain yang biasa seperti sakit kepala parah tanpa gejala visual yang datang dengan aura. Migrain juga dapat menyebabkan mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya dan suara.

Migrain hemiplegia
Migrain hemiplegia adalah jenis migrain langka dengan aura yang menyebabkan kelemahan pada otot Anda sebelum atau selama sakit kepala migrain. Migrain hemiplegia hanya menyerang satu sisi tubuh Anda pada satu waktu, tetapi gejalanya dapat berpindah sisi selama serangan migrain.

Migrain kronis
Orang dengan migrain kronis mengalami sakit kepala setidaknya 15 hari setiap bulan, dan setidaknya delapan dari sakit kepala ini adalah migrain. Migrain kronis cenderung berkembang dari waktu ke waktu, dengan jumlah sakit kepala yang terus meningkat.

Migrain retinal
Migrain retinal adalah jenis migrain yang menyebabkan perubahan pada penglihatan Anda sebelum atau selama sakit kepala migrain. Tidak seperti migrain aura, migrain retina menyebabkan gejala hanya di salah satu mata Anda.

Migrain vestibular
Migrain vestibular adalah jenis migrain lain dengan aura di mana Anda memiliki gejala pusing dan vertigo. Migrain vestibular terjadi ketika saraf yang mengontrol mekanisme keseimbangan otak Anda rusak, membuat Anda merasa tidak seimbang atau seperti sedang bergerak, kata Flippen.

Migrain menstruasi
Migrain menstruasi terjadi selama rentang dua hari sebelum hingga tiga hari setelah siklus menstruasi Anda dimulai. Migrain menstruasi mungkin terasa mirip dengan migrain biasa, tetapi sering kali berlangsung lebih lama dan menyebabkan mual yang lebih parah.

Baca Juga: Ini Manfaat Pijat untuk Kesehatan

Migrain perut
Migrain perut biasanya menyerang anak-anak di bawah usia 12 tahun dan dapat dimulai pada anak-anak semuda usia tiga tahun. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply