Kenali Manfaat Masker Madu, Atasi Jerawat Hingga Hidrasi Kulit

0
K MauTips.com, Jakarta. Madu mengandung banyak senyawa aktif seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, flavonoid, asam fenolik, hingga karotenoid. Kesemuanya dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Madu dikenal dengan beragam khasiat yang dimilikinya, termasuk untuk kulit. Madu merupakan cairan manis yang diproduksi oleh lebah. Cairan ini dikenal kaya akan khasiat akibat beragam nutrisi yang dikandungnya. Madu mentah yang tidak dipasteurisasi memiliki potensi besar untuk menjaga kesehatan kulit, terutama bagi Anda yang memiliki masalah jerawat atau kondisi autoimun seperti eksim dan psoriasis. Madu mentah berperan dalam menyeimbangkan bakteri pada kulit.

Berikut manfaat masker madu untuk kulit yang lebih sehat.

1. Mengatasi jerawat, psoriasis, dan eksim
Madu dapat bekerja dengan baik pada kondisi kulit kronis tertentu, seperti jerawat yang parah, psoriasis, dan eksim. Madu dapat digunakan dalam bentuk pasta, spot-treatment, atau dengan masker wajah yang dibiarkan selama beberapa menit.

2. Mencerahkan kulit
Meski belum banyak bukti ilmiah yang ditemukan, namun madu juga dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit wajah dengan menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.
Hal ini didapat karena sifat madu sebagai eksfoliator alami. Mengoleskan madu dapat membantu mengusir sel-sel kulit mati yang mengganggu.

3. Menghilangkan bekas luka
Madu membantu proses penyembuhan luka. Oleskan madu pada lokasi luka. Selain itu, untuk menyembuhkan luka pada wajah, Anda juga bisa menggunakan madu dalam bentuk masker.

4. Membersihkan pori-pori
Madu secara alami memiliki sifat antibakteri. Sifat ini menjadi salah satu alasan mengapa madu dirasa tepat untuk dijadikan pembersih wajah.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kesepian di Tengah Keramaian

5. Menghidrasi kulit
Madu menarik kelembapan ke dalam kulit dari udara. Mengoleskan madu pada wajah adalah cara yang tepat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, bersinar, segar, dan kenyal setiap hari. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply