Kenali Mitos Kesehatan Mata Yang Tak Perlu Terlalu Dipercaya

0
K MauTips.com, Jakarta. Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, bagian tubuh yang satu ini tergolong penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki kesadaran cukup tinggi untuk menjaga kesehatan mata.

Hal itu kemudian bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada penglihatan. Saat mata sudah mengalami gangguan atau masalah, cara mengatasinya mungkin tidak akan mudah. Tetapi semua dilakukan untuk kesehatan mata. Bahkan, beberapa jenis kerusakan pada mata pun bisa saja berdampak negatif. Padahal, menjaga mata tetap sehat sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Mengonsumsi makanan sehat hingga selalu mengenakan pelindung bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan mata. Orangtua umumnya berteriak agar anak-anaknya tak nonton televisi dengan jarak dekat atau bahkan membaca di tempat gelap. Namun tahukah Anda ada dari sekian banyak aturan tak tertulis soal kesehatan mata, ada banyak juga yang sebenarnya tak terlalu tepat.

Berikut mitos-mitos kesehatan mata.

1. Menatap layar sepanjang hari akan merusak mata
Tidak perlu khawatir, semua jam kerja dan zoom tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mata Anda. Cahaya biru dari perangkat elektronik seperti komputer, ponsel cerdas, dan tablet tidak cukup terang untuk menyebabkan kerusakan permanen.

2. Kacamata hitam mencegah Anda menyipitkan mata
Kacamata hitam selama ini disebut bisa membantu Anda untuk melindungi mata dan mencegah Anda menyipitkan mata. Hanya saja jangan sembarangan pilih kacamata hitam. Pilih yang punya lapisan pelindung UVA dan UVB sepanjang tahun. Pastikan kacamata Anda juga memiliki lapisan tersebut.

3. Cara terbaik menghilangkan iritasi adalah dengan ‘menangis’
Jika Anda mengalami sobekan berat, kemerahan, atau kepekaan cahaya karena sesuatu di mata Anda, segera bilas mata dengan larutan garam steril kelas medis jika Anda memilikinya atau dengan air keran.

4. Wortel bisa menajamkan penglihatan
Mitos. Anda tak akan dapat melihat dalam kegelapan tidak peduli berapa banyak Anda mengunyah. Itu karena sementara penelitian menunjukkan bahwa karotenoid (zat gizi mikro yang baik dalam wortel) dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula, tidak ada makanan yang benar-benar akan meningkatkan penglihatan.

Baca Juga: Tips Mengecilkan Paha Sambil Tiduran, Tak Sampai 10 Menit

5. Penglihatan buram berarti Anda pasti membutuhkan kacamata
Belum tentu, bisa jadi karena masalah lain. Tapi penglihatan kabur yang tidak diatasi dengan kacamata baca mungkin karena gula darah tinggi, diabetes yang tidak terkontrol, katarak, atau infeksi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply