Kenali Penyebab Saraf Kejepit, Sering Dilakukan Sehari-hari

0
K MauTips.com, Jakarta. Terdapat sejumlah kebiasaan penyebab saraf kejepit yang sering kali dilakukan setiap hari. Kebiasaan ini umumnya berkaitan dengan gaya hidup dan postur tubuh. Saraf kejepit adalah kondisi yang terjadi saat salah satu bantalan atau cakram menekan tulang belakang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor risiko dan kebiasaan sehari-hari. Hindari kebiasaan ini agar sistem saraf tetap sehat dan bekerja optimal. Sistem saraf berperan penting dalam menjalankan fungsi tubuh.

Berikut kebiasaan penyebab saraf kejepit.

Menunduk bermain gawai
Aktivitas menunduk terlalu lama, seperti bermain smartphone dapat meningkatkan risiko mengalami saraf kejepit. Menunduk membuat leher menekuk dan tulang belakang ikut bergeser.

Mengangkat beban berat
Aktivitas fisik mengangkat berat memberikan tumpuan berlebihan pada tulang belakang. Kondisi ini akan meningkatkan risiko saraf kejepit.

Mendorong beban berat
Sama seperti halnya mengangkat beban, mendorong beban yang berat juga membuat tubuh bertumpu pada tulang belakang. Tumpuan ini dapat membuat bantalan menekan tulang belakang.

Tidur di meja
Ngantuk saat bekerja membuat orang sering kali memilih tidur di meja. Padahal posisi tidur ini tidak baik untuk tulang belakang. Risiko saraf kejepit pun lebih tinggi. Hal yang sama juga terjadi saat membungkuk.

Duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama, apalagi dengan postur tubuh yang tidak benar seperti membungkuk dan miring ke kiri atau ke kanan membuat tulang belakang rawan mengalami pergeseran. Duduk juga membuat tulang belakang bekerja lebih ekstra dibandingkan saat berdiri.

Makan berlebihan
Makan berlebihan membuat tubuh mengalami kelebihan berat badan. Dikutip dari Mayo Clinic, berat badan yang berlebih menyebabkan tekanan ekstra pada cakram di tulang belakang.

Baca Juga: Cara Cek Nama Kita di HP Orang Lain, Seperti Serial Layangan Putus

Merokok
Merokok menyebabkan suplai oksigen ke cakram tulang belakang berkurang sehingga menyebabkan kerusakan lebih cepat. Kondisi ini memicu saraf kejepit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply