Kenali Tanda Daya Tahan Tubuh Lemah

0
K MauTips.com, Jakarta. Sistem kekebalan tubuh terbentuk dari ‘kerja sama’ antara sel darah putih, antibodi, dan komponen lainnya termasuk organ tubuh dan kelenjar getah bening. Beberapa gangguan menyebabkan terganggunya sistem kekebalan tubuh.

Sistem imun melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit. Namun, beberapa orang memiliki daya tahan tubuh lemah yang diketahui dari beragam tanda fisik. Kondisi itu membuat seseorang rentan terhadap infeksi. Gangguan kekebalan tubuh bisa terjadi dari skala ringan hingga berat. Skala ringan membuat seseorang bisa tak menyadarinya selama bertahun-tahun. Gangguan yang lebih parah bisa menyebabkan seseorang sering mengalami infeksi sepanjang hidupnya. Gejala utama dari sistem kekebalan tubuh yang lemah adalah kerentanan terhadap infeksi. Beberapa infeksi yang paling sering dialami seperti pneumonia, meningitis, bronkitis, dan infeksi kulit yang berulang dengan frekuensi tinggi.

Berikut beberapa tanda daya tahan tubuh lemah yang perlu Anda ketahui.

Masalah pencernaan yang menerus
Banyak penelitian menemukan hubungan antara sistem kekebalan tubuh dengan masalah pada pencernaan. Tidak mengherankan jika sistem kekebalan tubuh yang lemah sering dilihat bersamaan dengan masalah pencernaan kronis.

Selalu merasa lelah
Ada lusinan alasan yang membuat Anda terus merasa lelah. Salah satunya adalah sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kondisi ini umumnya diiringi oleh nyeri sendi, sakit perut, dan penurunan nafsu makan.

Dua atau lebih infeksi sinus dalam setahun
Jika Anda mendapatkan dua atau lebih infeksi sinus per tahun, bisa jadi Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Infeksi jamur dan sariawan
Gejala lain yang menandakan sistem imun tubuh yang lemah adalah sariawan yang menetap di mulut atau infeksi jamur pada kulit.

Demam ringan
Jika Anda mengalami demam ringan atau saat suhu tubuh agak lebih tinggi dari biasanya, bisa jadi sistem kekebalan tubuh mulai bekerja terlalu keras. Hal itu bisa terjadi karena infeksi atau sebagai pertanda awal kondisi autoimun.

Ruam
Kulit adalah penghalang utama tubuh melawan kuman. Kondisi kulit dapat mencerminkan seberapa baik sistem kekebalan tubuh.

Masalah pada sendi
Saat lapisan di dalam sendi meradang, area di sekitarnya akan terasa lunak saat disentuh. Kondisi tersebut bisa membuat persendian terasa kaku atau bengkak dan bisa menyerang beberapa sendi. Umumnya, kondisi ini terasa lebih buruk pada pagi hari.

Kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki
Dalam beberapa kasus, kesemutan bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda menyerang saraf yang mengirimkan sinyal ke otot.

Kesulitan menelan
Jika Anda mengalami kesulitan saat menelan, bisa jadi kerongkongan tengah membengkak atau tak bisa berfungsi dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah masalah pada sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Daftar Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening Membengkak

Bercak putih pada kulit
Terkadang, sistem kekebalan tubuh melawan sel-sel pembuat pigmen kulit yang disebut melanosit. Jika demikian, Anda akan mulai melihat kemunculan bercak putih pada permukaan kulit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply