Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan

0
Lansium parasiticum adalah nama keren dari duku atau langsat. Duku merupakan spesies pohon dalam keluarga Mahoni, yang berasal dari bagian barat Asia Tenggara. Di Filipina, buah duku dikenal sebagai lanzones, sementara di Thailand, duku disebut longkong. Buah duku merupakan salah satu buah yang menjadi favorit masyarakat.

Sekilas buah ini akan tampak seperti buah langsat, tetapi jika mencobanya akan terasa perbedaannya. Buah duku memiliki rasa yang manis berbeda dengan buah langsat yang asam, buah ini hanya bisa di dapatkan pada musim tertentu saja.

Karena bukan jenis tanaman yang berbuah sepanjang tahun dan banyak sekali manfaat buah duku yang bisa didapatkan. Buah duku mengandung berbagai macam senyawa yang sangat berguna bagi tubuh.

Yaitu karbohidrat, berbagai macam vitamin, protein, lemak, mineral, zat besi, fosfor, kalium dan senyawa lainnya.Manfaat buah duku bisa untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Menjaga kesehatan gusi karena buah duku mengandung banyak sekali vitamin D yang sangat bermanfaat. Salah satunya untuk menjaga kesehatan gusi.

Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagian dalam mulut ini memang rawan terkena berbagai macam masalah. Seperti gusi berdarah, sariwan dan iritasi yang membuat malas makan, pada akhirnya tubuh juga kekurangan nutrisi. Untuk mencegahnya bisa dengan rutin mengkonsumsi buah duku. Melancarkan pencernaan, serat atau fiber di dalam buah merah cukup efektif untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Dengan lancarnya sistem pecernaan maka bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti sembelit. Bahkan yang paling parah adalah kanker kolon karena kotoran yang menumpuk dan tidak dikeluarkan. Menurunkan berat badan, kandungan di dalam buah duku bisa mengaktifkan senyawa carnitine yang berperan di dalam pembakaran lemak tubuh.

Khasiat Buah Duku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dengan metabolisme lemak yang lancar sangat efektif untuk menurunkan berat badan, diet menjadi lebih mudah. Mencegah penuaan dini, kandungan vitamin C dalam buah duku merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melawan bahaya radikal bebas, dan juga efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis halus padawajah dan juga flek hitam. Menjaga kesehatan kulit , vitamin E dalam buah duku dapat menjaga elastisitas kulit.

Baca Juga: Khasiat Buah Cermai Banyak Nutrisi Mencegah Berbagai Penyakit

Dan juga melindunginya dari pengaruh buruk sinar matahari, kelembapan juga akan tetap terjaga, kulit menjadi sehat dan cerah. Kandungan fosfor dalam buah merah dapat menguatkan tulang dan gigi, membantu anda terhindar dari osteoporosis pada saat memasuki usia lanjut.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply